Pages

Sabtu, 16 April 2011

Review of Puspita Sawargi Catering Service

Hi all..

hari ini 16 April 2011, berarti sudah 4 bulan kurang 2 hari usia pernikahanku. alhamdulillah everything's going so great!
because of many requests, aku mau review my D-day ni, terutama banyak yang nanya tentang Puspita Sawargi Catering Service link : www.puspitasawargi.co.id

aku review per tahap yah..

1. permulaan
awal aku ketemu Puspita Sawargi Catering Service (PS-red), pas aku mau survey gedung bea cukai rawamangun, waktu itu sekitar jam 16.30 di hari minggu, dan kebetulan beberapa jam lagi mau ada event dengan PS sebagai vendornya. karena aku juga masih bingung milih vendor (sebelumnya aku tertarik Ratu dan Caterindo) ga ada salahnya deh aku tanya2. pertama sempet ragu sih, soalnya kan ratu n caterindo jelas udah dikenal, klo PS ini belum terlalu sih kayaknya. saat itu langsung di sambut tante lynda (yang ternyata dia pimpinan PS) dengan ramah dan ceriwis sambil sibuk ngatur ini itu. terus kita tes food deh. PS punya buffet khusus untuk tamu yang test food, so kita ga harus ambil makanan dari pesta (aku pernah tes food, dan makanannya itu mereka suruh kita keliling coba2in makanan, jelas nolak lah, sama aja curi jatah orang bukan sih?). setelah tes food, aku langsung suka! asli makanannya enak! aku cobain : empal gentong, ayam BBQ, lasagna, cake2, puding caramel.

2. Pemilihan
untuk bener2 yakin aku pake PS, aku sampe 3x tes food. sekalian survey kinerja mereka konsisten ato ngga, makanan mereka bener enak ato ngga, dekor mereka bagus ato ngga di setiap event, dll. dalam 3x tes food itu, blm ada yang mengecewakan aku, dan malah semakin yakin PS sebagai wedding vendor aku :)

3. Rumusan kontrak
waktu awal ditawarin PS, bu lynda bilang kalo sistemnya bisa paketan, jadi dengan biaya tertentu ud termasuk makanan, rias, gedung, dokumentasi, hiburan, dll. tapi pada perjalanannya karena aku pengen rubah ini itu, kontraknya jadi dirinci, dan aku lihat semua juga gitu. biar sama-sama jelas. kata tante lynda "saya HANYA menjalankan apa yang ada di kontak". wah, dengan penekanan itu, aku jadi fokus banget ma kontrak, pokoknya semua yang aku ingin dan sudah deal, harus tercantum dalam kontrak. mba yanti (marketing yang handle aku) sampe bilang "mba korry seleranya tinggi juga ya" hahaha padahal itu kata lain dari "mba korry cerewet juga ya" (mungkin hehe but it's ok). untuk kontrak itu, aku sampe 4x ganti kontrak. dan mba yanti intens banget hubungin aku. setelah DP ke-2 baru deh aku mulai dicuekin. mungkin dia handle capeng (calon pengantin) lain kali ya.
saran aku sih, sebelum kontrak jadi dan sebelum DP, kamu harus bener2 tau apa yang kamu mau, mau dibonusin apa, mau diservice apa, mau harga berapa, mau detailnya apa. soalnya dari pengalaman aku, setelah DP ke-2 itu, kalo aku minta perubahan suka dibilang "kalo itu nambah mba" padahal klo aku mintanya sebelum kontak jadi, bisa aja gratis. tapi aku pikir, yaudahlah kontrak aku sebelumnya juga udah bagus dan aku sudah sangat cerewet :p inget ya guys, jangan malu untuk cerewet/nawar/ngomongin sampe se-detail2nya.

4. makanan
seperti aku review di awal, makanannya SANGAT SANGAT memuaskan! rasanya enak dan berkualitas, porsinya banyak, dekorasi makanannya bagus. dan karena gedung bea cukai itu bukan gedung komersil (tidak ada charge ini itu) so, PS ga pasang harga mahal per pax-nya. (aku jelasin disini boleh ga ya? hehehe) waktu itu aku dapet Rp37.500 untuk 600 pax pertama dan Rp28.000 untuk 400 pax selanjutnya. total aku pesen 1000pax. terus aku pesen 10 gubug lainnya. kalo pada mau tau rasanya tes food sendiri aja kali ya, kalian bisa nilai sendiri deh. keluarga besar dan teman2ku juga cerita makanannya enak. dan sampe habis acara makanan buffet masih sisa banyak banget! padahal tamu aku 1400 orang ada kali ya, mungkin lebih ma keluarga besar.

5. dekorasi
nah ini dia yang bikin aku tambah suka! dekorasinya bagussssss, rapi, ga asal2an.. dan yang paling penting unik! untuk makanan gubug, mereka punya beberapa dekorasi khusus, bukan cuma kayak meja2 gitu. misal : 1. empal gentong, disajikan di gentong2 tradisional dengan cara lesehan dan dekorasi tradisional, 2. sate ayam, disajikan di dalam lesung/perahu 3. nasi liwet disajikan di gubug sumbawa (gubug besar dari jerami), 4. aneka es disajikan di topeles2 bening berjejer dengan dekorasi payung 5. pofertjes fountain disajikan di meja2 bersusun tingkat dengan bonus jajanan anak seperti oreo, permen, bolu, dll (ini paling diminati kalo2 tamu kita banyak anak kecil) 5. selain itu aku sewa sepeda ontel berkeranjang full bunga utuk simpen buah seperti pisang dan jeruk - ini jadi rebutan 6. aku juga sewa lesung tambahan buat tempat aneka permen dan cokelat - ini juga jadi rebutan. pokoknya masih banyak dekorasi2 lain yang lucu2 dan unik.
kalo untuk pelaminan, aku juga puas banget! bunganya fulllll ga bolong2...dekornya juga rapih dan ga asal2an. cuma sedikit kecewa, background pelaminan aku maunya layar gelap bertabur bintang lampu (udah tercantum dikontrak) eh pas acara dikasi background palem. tapi it's just sssooo a little mistake. akupun ga protes karna hasil dekornya udah di luar ekspektasi aku. kalo mau liat foto-nya bisa liat post aku sebelumnya. klik http://blogedadhooi.blogspot.com/2011/02/our-wedding.html

6. rias pengantin
OMG, aku ga bisa bilang apa2 selain : BIG THANKS TO MIAROSA!!! waktu pertama kali aku ditawarin rias pengantin yang bekerja sama dengan PS, aku langsung tertarik miarosa. baru liat dari foto-fotonya sih. tapi dari semua album yang diperlihatkan ke aku, cuma MIAROSA yang bener terlihat "real make up artist". cuma aku sedikit punya masalah ma pemilihan gaun pengantin. sampe 3 bulan menjelang hari H, aku belum punya pilihan yang pas dihati. padahal itu cuma kebingungan aku karena banyak pilihan aja kali ya, trus karena belum ada hiasan kerudungnya. soalnya pas D-day, aku suka banget ma bajunya! terlihat mewah banget! banyak yang bilang gitu. katanya aku anggun. hihihihi.. jadi GR... komentar aku :
make up : sooooo naturallll, halus, tahan lama, ga ada garis ketawa disekitar bibir, ga pecah bahkan sampe jam 23.30 aku dirumah.
hias kerudung : ini dia yang aku khawatirkan, banyak rias pengantin bagus tapi belum tentu bisa hias kerudung. and they done soooo wellll... kerudung akad dan resepsiku cantikkkk sekaliiiii.. ga norak deh...
gaun : anggun at D-day. i'm so happy.
rias orang tua : bagus tapi biasa aja. hias kerudung jempol
rias penrima tamu : biasa aja tapi sanggul tingginya bikin bocah2 jadi keliatan tua
kesimpulan : salut salut salut!!!
saking puasnya papaku sampe bikin ucapan terima kasih berbingkai dengan TTD langsung. katanya biar miarosa semakin maju dan bikin puas capeng2 lain :)

7. dokumentasi
untuk dokumentasi, aku pakai 2 vendor, 1 dari PS, 1 pilihanku sendiri. dua-duanya sama2 bagus dan punya gaya sendiri. kami juga puas dengan hasil fotonya. ga ada penyesalan :)

8. hiburan
kalo untuk hiburan, aku fulll sunda. pake GENTA WIRAHMA. ini diluar kontrak aku ma PS (tadinya disatuin sih) aku kenal bu rahma (pemilknya) juga dari PS. cuma karena aku pengen pake bu rahma dari acara ada dirumah, dan itu ada paket sendiri, jadi aku pisahin aja ma kontrak PS. aku review terpisah ya.. :)

gitu dehhhhhhhhhhhhh....... hehehe
wah, rewiew aku kayak ngiklanin PS yah? harusnya mereka bayar royalti nih ke aku. hhaha... tapi emang itu yang bener-bener aku rasakan dan alami.

oia, untuk PS, papaku juga bikin ucapan terima kasih seperti ke miarosa. saking puasnya....

so guys, semoga kisahku ada manfaatnya yah. hati-hati dalam memilih vendor, jangan sampe kekecewaan aku memilih vendor undangan terjadi lagi. baca : http://blogedadhooi.blogspot.com/2010/11/kecewa-undangan-pernikahanku-trans.html dan jangan sampe acara satu kali seumur hidup kamu berantakan. good luck!!!! :)

5 komentar:

  1. hai korry,,salam kenal yahh.. :)

    boleh minta detail kontraknya ga yah??
    aku mau pake PS jga rencananya,,tapi aku masih takut kalo nanti ada yg kurang dikontrak..
    makasih y sebelumnya klo boleh di email ke vee2_290189@yahoo.com yah... :)

    BalasHapus
  2. korry boleh tau kamu pake dekornya syp? PS kan ada rekanan tuh.. trus foto pake siapa? soalnya ak juga pake paketan PS

    BalasHapus
  3. @anonoim : yang softcopy adanya kontrak awal say, blm berubah harganya, dan blm detailnya. soalnya pas bikin kontrak se-detail2nya aku langsung dtg ke kantor PS di jatiwaringin. pembicaraan kontrak dari jam 10 pagi sampe 3 sore! langsung di koreksi dan di print disitu. saranku, biar ga ada yg kelewat, datengin aja kantor PS sambil liat seluruh koleksi albumnya. dijamin jadi keingetan ini itu! :)

    @kiki : waduh... aku lupa! padahal org dekornya ikut meeting trakhir. soalnya untuk vendor dekor aku ga minta khusus, yang secara khusus aku minta adalah detail dekorasi yang aku inginkan. dari 3x aku dtg acara PS bagus smua kok say. yang penting, semua detail dekorasi yang km inginkan, jangan lupa dicantumkan dikontrak. sedetail-detailnya. jangan cuma persetujuan lisan aja. gudluck persiapannya ya! :)

    BalasHapus
  4. haiii... salam kenal yaaa.. boleh tau harga paketan puspita sawargi? aku udah email tp ga di bales2 :( please help yaaa.. udah mepet banget tapi belom dapet catering.. mungkin boleh kirim ke cindy.putri@yahoo.co.id , ooh ya untuk miarosa kena tambahan lagi ya? aku juga suka banget sama mereka.. thaanks

    BalasHapus
  5. @cindy : waktu itu ga pake paketan, soalnya banyak yang diubah2 jadi detail aja.. mending telepon aja, leadernya tante lynda. telp : (021) 9821 7223, (021) 9829 7206 (021) 8499 8463, (021) 8499 8506. Fax : (021) 8499 8463, (021) 8499 8506. HP : 0813 1128 2844

    klo miarosa, nambah lagi kalo mau make-up artist, make-up nya bagus n natural, love it.

    BalasHapus

 
Images by Freepik