Pages

Kamis, 13 Oktober 2011

Check Up Kandungan (#5)

Senangnya hari ini!!!!

Tadi abis dengerin detak jantungnya si dede for the 1st time! dug dug dug.. Kata dokter bagus detak jantungnya. Alhamdulillah.... Usia saat ini 15 minggu. katanya sih bentuknya sudah seperti ini:

this pic taken from here

ah... masa iya dek kamu udah sebesar itu? bener2 ga sabar gendong kamu... *menitikkan air mata*

Ini pertama kali juga periksa ditemenin mamah, berhubung simas masih dinas dan akan dinas terus 4 minggu ke depan, dan mau periksa sabtu kemarin juga ternyata dr. Kurniati S.Spog ga ada jadwal di RSBK, barulah sempet hari ini periksa. kayaknya periksa ma mamah lebih enak deh, yah namanya juga ma emak2, udah pengalaman punya anak, jadi banyak pertanyaan. kan klo kmaren ma simas ngangguk2 sok ngerti aja, untungnya dr. Kurniati banyak cerita.

Tadi juga ga perlu di USG, soalnya hasil USG bulan kmrn udah bagus, dan kondisi saat ini juga bagus, so di USG bulan depan aja sekalian cek jenis kelamin, letak plasenta, dan kepala janin (khawatir hydrocepalus). lagian baru kehamilan 15 minggu gini gw udah pernah 4x di USG! padahal kata dr. Kurniati biasanya selama kehamilan 3-4 kali aja. berhubung kmaren flek dsb jadilah gw kontrol 2 minggu sekali + USG transvaginal.

So, pas periksa tadi ada tanya jawab gini:

Tanya : detak jantungnya bagus ya dok? normal?
Jawab : iya udah bagus, gak kayak waktu cek up agustus kmrn (pas flek), kan ga kedengeran detang jantungnya, belum ada perkembangan juga, kan khawatir masih hidup atau tidak janinnya. tapi pas kontrol 2 minggu lagi aja udah bagus kan. dan sekarang bagus kok. normal. --> errr, dok? dulu dokter ga bilang seharusnya udah ada detaknya dan saat itu ga kedengeran? hahaha, klo tau saat itu pasti gw udah nangis bombay. tapi alhamdulillah masa2 itu udah lewat dan semoga ke depannya lancar2 aja (aamiin).

Tanya : periksa palsentanya gimana dok?
Jawab : iya itu sekalian ma USG bulan depan.

Tanya : dok, perlu suntik tetanus ga? khawatir terinfeksi.
Jawab : biasanya tetanus itu terjadi kalau proses persalinannya menggunakan alat yang ga steril. untuk sterilisasi itu ada beberapa tingkatan, ada yang simpel dan complex. klo yang simpel cuma direbus air aja. klo yang complex sterilisasi itu pemanasan sampai dengan 600 derajat celcius dengan menggunakan bla bla (apa ya istilahnya, hehe) jadi ga perlu suntik tetanus. ibu mau melahirkan dimana? klo di RSBK udah menggunakan sterilisasi yang complex. ---> ahayyy ok sip, emang rencana mau ngelahirin di RSBK kok.

Tanya : dok, kok berat badan saya masih belum naik ya? trus udah usia kandungan segini masih kecil2 aja perutnya?
Jawab : tenang aja, besar janin ibu normal kok, klo belum keliatan karna badan ibu awalnya tinggi kurus. nanti stelah 20 bulanan baru keliatan gendutnya.  ---> ah, syukur deh, aku kira janin gw kurang gizi..

Tanya : apa perlu makan eskrim dok? banyak yang bilang klo mau gedein kandungan pake eskrim? --> bodoh ga pertanyaan gw?
Jawab : *dengan sedikit tertawa* hehe ga perlu bu, besar janin ibu udah normal ko! bulan depan dicek jalur lahir ibu, malah jangan besar2 nanti lahirnya malah susah..  ---> hahaha.. ini mah alesan gw aja biar dibeliin gelatisimo ma simas! :D

Tanya : dok, bisa diperkirakan ga saya bisa lahiran normal atau caesar?
Jawab : iya itu bisa dilihat seiiring perkembangannya. soalnya kondisinya suka berubah-ubah. nanti sekitar umur 30 minggu-an di cek lebih detail jalur lahirnya, darah ibu, dll. biar bisa memperkirakan lahiran normal atau caesar. dari sekarang juga harus dipersiapkan biayanya, biar ga ngumpulin mendadak. ---> ok yesss.. ga jadi deh kayaknya inimah beli Ipad 2 :(

dan pertanyaan lainnya.....

akhir periksa gw diresepin 2 vitamin dan rujukan laboratorium untuk Paket Prenatal I, ceknya :
1. Darah rutin
2. Golongan darah ABO/RH
3. Gula darah
4. Urin lengkap

yak! itulah hasil check up kali ini. dan seharian ini gw bahagiaaaa.... miss you already my baby....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik