Pages

Rabu, 18 April 2012

Galau pasca melahirkan (was it Baby Blues?)

Pas ngelahirin, gw 3 hari dirawat di RS. Alhamdulillah, gw sehat. tapi perlu 2x24 jam dari jam lahir aira untuk observasi ni anak boleh pulang apa ngga. dan ternyata pun ga ada masalah. hamdallah...
Selama di RS, yang gw rasain cuma ngantuk dan capek. ngantuk karna belum terbiasa ma pola begadang nyusuin aira, gw nyusuin tiap 1.5-2 jam sekali. padahal apa coba yang diisep, orang ASInya baru dikit. tapi kayaknya aira kenyang2 aja sih secara lambungnya masih segede gundu dan masih ada cadangan lemak lahir. ngerasain capek juga, karena siangnya alhamdulillah tamu yang dateng banyak banget. makasi ya saudara dan teman2. our life minus without y'all.

nah, pas pulang ke rumah.. berarti pas aira umur 3 hari. mulai-lah kegalauan terjadi. malam pertama dirumah, gw nangis sesegukan sendiri. dan terjadi juga di malam-malam berikutnya. entah kenapa.

no, i fooled my self. sebenernya gw tau kenapa sih.. tapi masa iya sih gw berfikir dan ngerasain gitu?
jadi sambil nenenin aira malem2 gw nangis, gw berfikir...
  • gw bisa ga ya ngerawat anak seringkih ini? (oh God, sekarang ada makhluk mungil, dan gw bertanggung jawab atas hidupnya!)
  • gw ga PD bisa jadi ibu yang baik.. (bisa ga ya gw mendidik aira jadi anak baik?)
  • gw takut sesuatu yang buruk terjadi ma aira, sekelebat suka kebayang aira jatoh dari gendongan gw.. (ini halusinasi bentar doang, tp sempet mikir jgn2 gw gila. haha)
  • gw ngantuk.. capek.. pengen tidur dan istirahat (tapi gw defense pura2 ga ngerasain karna kesannya ga dewasa)
  • gw ngerasa sendiri.. ga ada yang bantuin gw... (padahal ada simas, mamah, papap, dan asisten rumah tangga)
  • gw takut klo gw dan simas ga bisa layak menghidupi aira... (pengen jadi orang kaya raya. wkakaka)
  • gw ngerasa ga ada yang ngertiin gw, gw tuh pengennya dimanja kayak waktu hamil. enak banget santai, dipijitin, ga ada beban. kok sekarang gini... (yang ini ngelunjak)
  • gw ngerasa the best moment itu pas hamil... (ga bersyukur banget luh!)
  • gw merasa ga menarik lagi, seharian berpeluh urusin bayi. baju gembel bau ASI. (yah, maklum dulunya gw ganjen)
  • gw sensitif, cepet sedih dan tersinggung trus mewek. pernah gw nangis sesegukan gara2 perut gw dikatain item ma simas. trus gw bilang "ini kan gara2 mas juga.. abis ngelahirin perut item2" (jiakakakak... rendah diri mamihh)
  • gw kangen ma simas, kok semenjak ngelahirin gw ngerasa baik dia maupun gw jadi berjarak (ah yang ini paling malu gw ngakuinnya. wkakakaka).. --> padahal cuma berjarak kasurnya aira doang ditengah. klo skrg mikir, knp kmrn2 gw ngerasain gitu ya. ga ada yang berubah. simas tetep romanceuh dan perhatian kok. ciyeeeee *timpuk guling*. malahan gw yang jadi kurang perhatiin, ga piringin nasi pas sarapan, ga siapin baju kerja. riweuh mamih. pagi2 aira pasti jadwalnya nenen...

nohh... udah gw ungkapkan nohh... malu sebenernya gw membongkar itu semua. hahahaha...

bisa2 gw setress tiap hari mikirnya itu mulu, terus gw browsing dengan tag "mengatasi stress pasca melahirkan". siapa tau dapet tips2 cihuy.

ehhhhh ternyata gw ga sendirian loh..... ternyata banyak new-moms yang ngerasain hal yang sama. ada istilahnya pula. bahasa psikolognya "BABY BLUES", bahasa al4y-nya "GALAU". hahaha...

terusnya gw ngerasa senenggggg banget ternyata banyak yang bernasib serupa. malahan, emang sebagian besar new-moms wajar merasakan hal itu. sebabnya :
- perubahan hormon yang drastis setelah melahirkan. jadi semacem PMS gitu, jadi labil.
- secara fisik merasa kecapekan dan ngantuk, jadi sensitif
- mendapat tugas dan amanah baru
- rutinitas baru

nah, dari situ gue berupaya lah biar kagak stress gimana sih...
  • pertama : CERITA --> terusnya gw cerita ma simas sambil sesegukan, dan jadi sedikit lega
  • kedua : BICARA --> nah, biasanya kalo siang gw dikamar aja ma aira, skrg santai aja ngobrol ngalor ngidul ma mamah diruang TV depan kamar (dengan kuping yang tetep awas, kalo aira udah "ehek.. ehek.." langsung gw samperin, ternyata cuma ngulet. wkwkwkwk)
  • ketiga : IKHLAS DAN SABAR --> ini bener banget. ngurus anak itu kudu ikhlas dan sabar, kalo nggak ya bawaannya capek. harus ikhlas kalo sekarang hidup gw ga cuma milik gw, tapi juga ada makhluk mungil yang butuh gw. harus sabar juga kalo amanah seperti ini bukan perkara mudah. dan inget, perkaranya lebih besar lagi kalo ga bisa punya anak (nauzubillahi). ternyata dari situ, ngurus anak jadi asik. yah, meski klo capek ma ngantuk sih masih lah gw rasain. tapi lebih enjoy.
  • keempat : RAISE KNOWLEDGE --> alah ini istilah gw sok keren. tambah pengetahuan. intinya sih kalo ada yang bingung jangan ragu untuk bertanya. kalo gw : nanya tentang pengalaman orang tua, mertua, kakak, baca2 pengalaman orang, follow akun twitter-nya dokter yang suka ngasi tips atau info sehat lainnya. then you'll be surprised that everyone feels the same and you're not alone at the case. dengan ilmu yang bertambah, jadi lebih siap menghadapi kasus2 tertentu. hasilnya jadi lebih tenang deh.
  • kelima : CARI LUCUNYA --> bawa ketawa ajalah semuanya. kayak aira nih, suka banget ngerjain ayah bundanya. baru aja diganti popok eh udah poop atau pee lagi. capek kan? saking konsen bersihin poop, kadang muka cuma bejarak 20cm dari pantat mungilnya, eh dia nyebrot!! busettt gw ma simas hampir jadi korban masker wajah. hahaha... ya paling kita ketawa aja... emang lucu sih, simas sih yang paling sering jadi korban. duh nak, gitu2 ayah kamu, bukan toilet. wkakakaka
sekarang, di usia aira 18 hari, gw pun masih berusaha menerapkan hal-hal itu. dan semakin kesini, gw bisa jadi lebih enjoy, alhamdulillah. simas juga bawaannya santai banget ngurus anak, padahal dia yang cowok. dia juga selalu support dan sabar menghadapi gw.suka bikin ketawa karna pas nyanyiin aira suaranya jelekkkk. hahahaha...

dan yang pasti kita makin sayang bin gemessssss sama aira.
i love you, aira.....
ehm, i love you too simas *wek* hehe......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik