Pages

Rabu, 25 April 2012

Haus palsu Aira..

Insya Allah, selama gw cuti sampe aira usia 2 bulan nanti, gw mau ngasi ASI ekslusif (ASIX), baru tar kalo udah masuk kerja dikasi ASI Perah (ASIP). tapi kayaknya aira harus latihan dulu pake ASIP 2 minggu sebelumnya kali ya. takut2 penyesuaiannya rada lama.

Btw, Aira dari umur 2 minggu sampe sekarang jadi sering rewel. kalo awal2 kan nangisnya cuma kalo mau nyusu. udah kenyang langsung tidur. nangis lagi 2-3 jam kemudian. kenyang nyusu, tidur lagi. bahkan kalo poop ma pee aja suka ga nangis. tapi sekarang? omegodddd... rewel banget deh. kenapa kamu nak?

Aira  bawaannya haus terus, padahal baru aja disusuin dan banyak pula.
aira sering banget gumoh, muntah, dan cegukan.
bobonya ga tenang, gampang kaget dan kebangun.
kalo nangis susah banget dieyong, obatnya cuma nyusu.
sering kentut, kalo kentut panjang dan gede suaranya (pernah simas nyangkain gw yg kentut. haha)
rewel kalo siang, bobo siangnya jadi sedikit. kalo malem alhamdulillah ga rewel.

nah, ngeliat kayak gitu si papap nyuru gw kasi susu formula aja, mungkin ASInya kurang. emmm, gw rada berat ya. soalnya gw bertekad mau kasih ASI sampe aira minimal 12 bulan, kalo bisa 24 bulan. dan diselingi MPASI yang cihuy dari aira 6 bulan nanti. karna gw yakin, dengan menyusui ASI, repotnya cuma 1-2 tahun, tapi untuk kesehatan bakal berguna dalam jangka panjang untuk aira. Insya Allah gw yakin ASI gw banyak. setiap aira nyusu, ya ada aja susunya (ga kosong). karna produksi ASI kan based on supply-demand.

trus gw dibilangin lagi, mungkin ASI gw kualitasnya jelek karna gw susah makan. jadi ASI gw dibilang isinya cuma air dan ga ngenyangin, mending ditambah susu formula biar aira anteng.
Deg! sediiihhh banget dengernya... sempet bikin down dan ga PD sama ASI gw... tapi gw kekeuh, klo ASI itu ga ada yang jelek. in bad case gw kurang gizi, ya pasti ASI gw ga terproduksi kan? nah ini ASI gw banyak, masa iya isinya aer doang?

kalo menurut gw, aira ga enak badan. kalo tentang nangis, ya emang cuma nangis cara bayi berkomunikasi. bedanya aira rada ekstrim kalo nangis, dan itu udah turunan dari simas yang sewaktu bayi nangisnya suka sampe biru. gw mencoba meyakinkan diri kalo everything's goes normally, ASI gw baik-baik saja, dan aira tetep bisa cuma minum ASI sampe usia 6 bulan nanti. hm, terusnya gw browsing2. dan nemu deh istilah HAUS PALSU. lhaaa, haus aja bisa palsu ya?

FAKTANYA, banyak yang mengalami hal serupa. ah muach muach deh mbah Google. jadi, gejalanya persiiiiiiisssssss banget sama yang gw alami. dan haus palsu itu sering diterjemahkan seperti kurang ASI, membuat si ibu stress dan ga PD dengan produksi ASInya. pada akhirnya ngasih susu formula. yahhh rusak deh program ASI eksklusifnya.

beuh, untung aja gw ga goyah untuk ngasi susu formula. pertimbangan pertama : ASI itu the best milk for baby, kedua : susu formula itu kan mahal? gyahahahaha #emak pelit

jadi klo ada yang ngalamin hal serupa, coba deh baca dulu link-link dibawah ini :
1. indikasi alergi dan gangguan saluran cerna : http://allergyclinic.wordpress.com
2. indikasi normal (baby hanya butuh hal-hal yang sederhana) : http://aimi-asi.org

kesian... tapi ga pengen ke dokter dulu.. nyari yang bisa pijet bayi (baca : dukun bayi) di jakarta susah banget yak. akhirnya tadi malem gw bawa aira ke Mom n Jo buat baby massage (review later).

tapi doain semoga Aira membaik yah.... :)

UPDATE UPDATE!!
karna penasaran dan khawatir kita bawa Aira pijit bayi di Mom n Jo... 3hari kemudian masih gitu, kita ke DSA (dr. Prastowo at RSI Cempaka Putih). kemarin kita udah ga sabar pengen cepet2 ke dsa.
ternyata... tanggapan dsa-nya dingin...

"nyusunya banyak banget dok? sampe muntah!!" | "normal, susuin aja.."
"sampe muntah dok?" | "ya emang gitu, kan lambungnya masih kecil, selalu disendawakan ga?" | *gw mesem2* abis sendawanya susah banget. jadi suka males *pardon me*
"rewel banget lho dok!" | "butuh kenyamanan, jgn biarin nangis lama2, gedenya rewel"
"tapi nangis suka sampe biru dok!" | "oo...breath holding spell..ditimang aja, jangan sampe kelamaan nangis"
"jadi ga apa2 nih dok?" | "ga apa2.. sehat kok ini"
"beneran ni klo mau nyusu kasi aja?" | "iya.... ini anaknya sehat gini... semua normal"

alhamdulillah....................

rada ga percaya, tapi kuhilangkan dugaan itu. Aira is OK.
udah gitu, dibaca2 lah timeline @ID_ayahASI @drtiwi on Twitter, banyak yang bernasib serupa, dan jawabannya. ikuti aja klo mau nenen. emang fase-nya gitu..

hihihi...

14 komentar:

  1. join grup di fesbuk namanya Tambah Asi Tambah Cinta aja mba,disitu banyak sharing tentang ASI dan temen2nya..

    BalasHapus
  2. hoaaaa... berguna banget itu grup.. yup, gw udah ask to join.. makasi infonya ya de.. btw klo udah lahiran kabar2i ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Korry, dedeknya "sembuh" dari haus palsu umur brp? Anakku sepertinya ngalamin juga..

      Hapus
  3. terus cara ngatasi haus palsunya gmn cinta,,, aq momy yg dah gagal asi cozz,, omelan kanan kiri aq gak tahaaaaan ditambah tangisan bayiqyu yg jerit2 ky di aniyaya walhasilll boross sufoorrr tekoorrrrr botolnya g mau berhentiiii minta isi terusss... please bagi tips buat cara hilangin haus palsu di gooling cm ada gejalany aja cuinta

    BalasHapus
  4. emang mba, pada tahap ini rasanya beraaaatt banget. aku ngalamin sampe yang nyusuin 3 jam! baru ditaro 30 menit, udah nangis minta nyusu lagi. fase kayak gini sampe usia 3 bulan. setelah itu nyusunya masih banyak tapi karna udah bisa diajak main, jadi ga terlalu rewel. kalo untuk gumoh, aira sampe usia 5 bulan masih suka gumoh.

    tapi kalo boleh saran klise yang tentu tidak mudah, tipsnya cuma sabar dan nikmati aja. beruntungnya kalo punya lingkungan yang mendukung. kalo sekitar kita kurang mendukung, tantangan semakin bertambah. hehe..

    itu tulisanku waktu masih ideal tentang ASI. padahal sih, semua kembali ke ibu masing-masing, kalo emang lebih nyaman untuk keduanya (dan mungkin lingkungan kita) untuk pakai sufor, ga masalah sih. sufor kan bukan racun, meskipun beberapa artikel sekarang ini banyak yang menyudutkan sufor atau ibu-ibu yang ngasih sufor.

    anyway, seorang ibu pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya... semangat ya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba...aku lagi ngalamin hal serupa nih,,, "haus palsu" hebat yah macam gini bisa bikin kita up down semangat ngASI nya... tapi kita jadi lebih tambah pinter karena jadi banyak artikel dibaca dan jadi tau,,, aku sampe speechless mbak sedikit stock ASIP nya hanya 4 botol itupun ga ada yg 100ml.. cara ngatasinnya gmn ya mba? hiks... baca2 google gak nemu jawaban yg bikin sreg,,,

      Hapus
  5. Sista....aku juga ngalamin hal yang sama. Babyku baru 1 bulan, tapi minum susunya banter banget. Sejam sekali harus disusuin. Dan sering gumoh juga, bahkan sempet keluar le2at hidung. Panik banget kan...
    Tapi liat2 blog bunda2 lain ternyata hal yg seperti ini banyak banget dialami. Yang penting ASI tetep dikasih buat babynya

    BalasHapus
  6. hehe iya lebih tenang pas baca2 pengalaman yang sama.. thx 4 sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman mom sama banget dgn yg aku alami. Baby ku nyusu lama bgt kayak haus trus. Maunya jg d gendong trus. Mau nanya ni mom, karna babynya nyusu trus sempat ga mom utk pumping? Aku ga bisa stok asip mom karna nyusuin baby trus.

      Hapus
  7. Pengalaman mba korry sama bgt kayak aku. Baby ku nyusunya lama bgt. Maunya di gendong trus. Kalau boleh tau mba korry sempet ga simpan asip? Karna aku ga bisa mba mau pumping. Waktuny ga ada karna nyusuin baby trus. Sebentr lg aku msk kerja. Tp ndk ada persediaan asip. Gimana ya mba ngatasiny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *maaf telat bgt balasnya

      waktu itu belum tau manajemen ASIP, jadi ga nyetok dari awal. nyetok itu cuma 1-2 minggu sebelum masuk kerja, jadi cadangan awal sedikit banget. kalo siang, aira emang nyusuuuu terus, sampe PD kempes bgt. kalo malem dia anteng, nyusu 2-3x tapi PD basahhh tidur aja sampe kedinginan karna baju basah kena AC. nah, harusnya saat itulah pumping. kalo mau nyetok emang perjuangan dan ngenalin jam2 brp PD kita penuh. tapi waktu itu aku ga ngerti jadi dibiarin aja.

      jadi pelajaran anak kedua, gitu juga. penuhnya pas malem. jadi sekarang tiap jam 2-4 dini hari nyempetin pumping. awalnya beraaatt bgt. mulai pumping H+7 lahiran dan lama2 terbiasa, jadi kayak ada alarm jam segitu bangun untuk pumping. alhamdulillah sekarang awal kerja udah ninggalin hampir 100 kantong ASIP itu juga karna udah ga muat lagi freezernya jadi ga terlalu semangat. *padahal harusnya tetep semangat pumping krn takut produksi turun*

      semangat mbak via! nanti sekita usia 3 bulan dedeknya udah normal kok nyusunya..

      Hapus
  8. Jadi tetep dikasih mimik aja ya mba kalau dia terus2an haus palsu.. Saya lagi mengalami fase ini mba. Bayi saya usia 6 minggu. Tp ada juga yg bilang memang masa nya growth spur begitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg brti udah 4 bln eamskrg gmn keadaan babynya,,,maaf bolehnkn nany

      Hapus
  9. Bayi ku juga skrg lagi ngalamin haus palsu .. dan oma ny nyaranin pke empeng biar anteng tapi aku gak terlalu setuju dg empeng ... gak tau knp .. kadang sedih bgt liat anak nangis trus .. tp aku pny tekad ikutin kemauan baby dan jgn smp beralih ke sufor atau empeng ... semangattttt !!!

    BalasHapus

 
Images by Freepik