Pages

Selasa, 17 April 2012

Melahirkan.... Berjuta Ceritanya....

Ah... melahirkan.... kalo inget sekarang, setiap detiknya itu indah...... siapin kacang ma kopi juga karna ini akan menjadi bacaan yang paaaanjang. hehehe....

29 Maret 2012

01.00 WIB
kontraksi dari jam 01.00 s.d. 03.00 WIB. setiap setengah jam bangun. perut mules2 melilit2. sampe ketiduran lagi. tau2 udah pagi... yah, belum sekarang yah.... *kirain mau lahiran*

16.30 WIB
Pas mau mandi sore, di celana ada item2 (kaya ati -maaf kalo yang jijik-). apakah ini mucus ya? inget2 kursus singkat persiapan calon ibu + senam hamil. tapi ko dikittttt banget. cuma kayak nyamuk yang mejret kalo ditepok. #apasih. hehe.. yasuda kita lihat aja ya..

30 Maret 2012

23.30 WIB - 01.30 WIB
kontraksi lagi... sama lah polanya kayak kemarin.. diitungih masih setengah jam sekali. akhirnya sampe ketiduran dan bangun pagi. yah, bukan sekarang lagi yah... sampe gemes juga ni penasaran kapan ya lahirannya.....

Note : Simas setiap gw kontraksi cuma ngusep2 punggung sambil mata merem, gw pun begitu sampe akhirnya ketiduran. hm.. masih tenang-tenang aja...
 
16.00 WIB
Pas mau mandi sore... ehhh, ada darah segar di celana. tapi dikit cuma segede koin Rp500... uhuyyy, bentar lagi nih... gw lapor simas n mamah.

20.00-21.00 WIB 
Gw udah mulai ngerasa kontraksi ringan, tapi gw diem aja ga ribut, takutnya udah bikin heboh, taunya cuma kayak kemaren kontraksi doang. di celana mucusnya pun semakin banyak, tapi karna kontraksi-nya belum 10 menit sekali a.k.a masih 30 menit sekali, gw baru lapor simas aja.

21.00-23.20 WIB
Jam 9 malem gw mencoba tidur buat save energy karna gw ngerasa "waktunya" sebentar lagi. gw pun membiarkan simas tidur dan ga colek2 setiap kontraksi. biar dia save energy juga. tapi namanya kontraksi kan rasanya nikmat, gw bangun tiap kontraksi, ya simas kebangun juga.

awalnya kontraksi 30 menit sekali, 20 menit sekali, 10 menit sekali *sampe puyeng mata gw ngitungin. soalnya sambil ngantuk jugaaa* mana ga ada jam digital lagi. tapi gw masih blm mau ke RS, gw nunggu kontraksi sampe 5 menit sekali biar sampe RS udah pembukaan udah lumayan. 

duh kayaknya gw butuh stopwatch ni, ada di HP esia tapi cari2 chargernya kok ga ada sihhh... ngendap2 gw ke kamar si mamah cari charger hp nexian papap siapa tau sama. eh ternyata beda. pas mau keluar, si mamah bangun. trus nanya kenapa, apa udah saatnya. trus gw bilang klo mucusnya udah keluar, kontraksi juga udah 10 menit sekali. si papap ikut kebangun dan ngajak ke RS aja. gw bilang hayuk.

gw balik lagi ke kamar ganti baju, simas kaget, lha katanya mau ambil charger balik2 mau ke RS. abis nanggung semua udah kebangun juga. btw, mobil si papap baru aja dijual 3 hari yang lalu, dan mobil penggantinya karna ada missed, ga jadi dateng hari ini, begitu tau gw mau lahiran malem itu, si papap langsung jadi kesel kenapa mobil ga jadi dateng. jadilah kita manggil taxi tengah malem. alhamdulillah, ke RSIA Budi Kemuliaan cuma 10 menit. padahal seminggu berturut-turut daerah lapangan banteng, thamrin lagi demo besar2an tolak kenaikan BBM, karna itu tengah malem buta, lancar blasss...

buat persiapan ke RS juga udah gw siapin dari 1 bulan yang lalu. ada 2 tas dede, 1 tas gw, 1 tas simas. sebenernya ada yang blm sempet gw siapin yaitu cemilan2 buat gw sambil nunggu pembukaan + teh gula dsb buat yang nunggu di RS. tapi yasudalah. jadi persiapan buat ke RS ga nyampe 5 menit.

23.30 WIB
sampe di RS, turun taxi langsung disambut kursi roda-nya UGD. kok kepengen mesem2 ya.. padahal masih bisa jalan juga. sampe UGD langsung ditanganin bidan, suasana santai aja, gw juga masih cengengesan ma bidan. trus katanya gw udah pembukaan 2. gw acungin jempol deh, pelayanannya ramah dan sigap banget. simas disuru ttd kontrak pelayanan klo kita pilih kelas Mahendradata dengan pelayanan Pasien Dokter Pribadi dr. Kurniati. No DP *bagus deh*

Sampe lantai 6, gw masih nego pilih kamar yang pojok. soalnya pas survey kamar, disitu rada gede sendiri, eh tapi ada yang ngisi. yasudalah. si suster sampe bingung kali yak, mau lahiran masih sempet2nya milih2 kamar. hehe..

katanya tar gw diobservasi lagi jam 04.00. si papap pulang, mau balik lagi abis subuh. jadi gw ditungguin mamah dan simas. simas keluar beli cemilan, eh cuma ada bolu2 gitu luamayan deh.

31 Maret 2012

00.00 - 03.00 WIB
jam 00.00-02.00 kontraksi masih sekitar 7-10 menit sekali. gw pun masih menerapkan ilmu dari senam hamil RSIA Tambak, nafas gw masih teratur, gw jalan2 keliling2 kamar, masih ngobrol ma simas, nonton TV, cengengesan, nyemil silverqueen (untung sempet beli kemarin), dibawa santai aja. 

trus jam 02.00 gw ngantuk, simas ma mamah juga ngantuk. buat save energy kita coba untuk tidur. tapi yaaa kontraksi makin sering, tiap 5 menit sekali. tapi di jeda 5 menit itu kalo pas ga kontraksi ya gw ketiduran juga *kebluk*. 

jam 03.00 kontraksi gw makin berasa, udah ga bisa cengengesan lagi, tiap kontraksi gw ngeremes tangan simas. mencoba nafas yang semakin berat. trus gw nyemil telur rebus bikinan mamah buat tambah energi.

04.00 WIB
ini kayaknya masih 4-5 menit sekali kontraksi, tapi semaaaakin sakit. tapi gw masih bisa nafas teratur, sambil meringis gw istighfar. dan pas dicek gw udah pembukaan 4. ya ampyun, gw kirain udah lebih dari itu. trus pake acara mual. muntah deh gw.........

05.35 WIB
kontraksi kali ini nafas gw udah mulai tersengal-sengal, tapi ga nangis, karna gw inget kalo nangis semuanya malah makin berat, idung mampet ma ingus, nafas makin susah. gw diingetin simas untuk ambil nafas panjang dan teratur. ga lama kemudian... gw seperti merasa ada letupan di vagina (gw sih seperti mendengar bunyinya "tupp". tapi apa itu perasaan gw doang, tapi iya sensasinya kaya ada yang meletup gitu) dan bressssss.... air ketuban pecah. banyakkkk banget. diobservasi dan gw udah pembukaan 5. terus gw dipersiapkan untuk dibawa ke ruang bersalin.

05.45 WIB
sampe ruang bersalin disuru geser ke kasur bersalin. alamakkk ngangkat pantat aja udah berat rasanya. gw masih bisa nafas teratur meski rasanya beraaatttt banget.

06.00 WIB
mulai resah, manggil2 dr. kurniati kok belom dateng juga. tapi kata bidan gw masih pembukaan 6.

06.30 WIB
gw udah mulai ga sabaran. udah ga bisa nafas panjang. pembukaan 7. 

06.45 WIB
gw udah kesakitan bener deh.. nafas udah ga karuan. gw selalu diingetin simas untuk nafas panjang biar dede-nya ga kekurangan oksigen. tapi udah ga bisa. "Allahuakbar" "Astagfirullah" "Mamah" "Mas" itu kata2 yang gw ucapin.

07.00 WIB
pembukaan 8. gw mulai teriak. "sakiiiittt". rasanya pengen ngeden. tapi gw masih bisa tahan. saking ga karuan gw minta "EPIDURAAALLLL" (NB : melahirkan tanpa rasa sakit - suntik di tulang belakang untuk menghilangkan rasa sakit karna kontraksi) trus si bidan malah becandain : "apa?? ketiduran??" gw kayak mohon2 gitu : "epiduraaallll... sakit... udah ga tahan..." trus bidan menenangkan gw : "sayang bu... sedikit lagi..." yaya gw pun saat itu inget, sia2 minta epidural, orang udah pembukaan 8, sedikit lagi..

07.30 WIB
sakittt banget dan cari pelampiasan dengan nyari2 dokter "INI UDAH PEMBUKAAN LENGKAP, KURNIATI AJA YANG BELUM DATENG!!  DIA DIMANA??" hahahahahaha... gw inget banget ngomong gitu. pas dicek bidan gw udah pembukaan 9. udah mau ngedennnn

trus karna udah ga tahan, dan entah kenapa gw udah yakin kalo pembukaan gw udah lengkap, gw ngeden dehhhh... trus dilarang nyokap, tapi gw kekeuh ini udah pembukaan 10. dengan tenangnya bidan bilang "yaudah bu, kalo mau ngeden silakan aja, bisa atau ngga" gw dengan yakinnya langsung ambil posisi (disaranin bidan posisi miring gw nurut aja, padahal gw udah rencana mau ambil posisi setengah duduk kayak simulasi senam hamil, menurut gw itu yang paling nyaman), ternyata masih keras. sok tau ah!

Ga lama kemudian kontraksi hebat dateng lagi, gw langsung ambil posisi setengah duduk, dan ngeden. gw mencoba inget teorinya : ambil nafas panjang, tahan, kempiskan perut, ngeden. eh tapi hasilnya gw ngeden di tenggorokan. susaaahhhh banget prakteknya. ga kayak waktu senam hamil...ga lama gw denger suara dr. Kurniati. ya ampun, mepet amat dok datengnya... dalem hati masih bisa ngedumel.. hehe

ngeden selanjutnya dipandu dr. kurniati. gw disuru ambil nafas panjang, kan dipakein detektor detak jantung janin, si dede detak jantungnya cepet banget katanya gw kurang ambil nafas (yaya lagi2 gw inget teorinya kalo sampe kurang oksigen detak jantung janin jadi dibawah 120 atau diatas 160, dan itu membahayakan janin). entah berapa kali gw ngeden, yang pasti banyakkkk.. hahaha... padahal target gw 3x ngeden si dede udah keluar. gw sempet berenti ngeden padahal rambut si dede udah keliatan (katanya)

ngeden yang terakhir gw panjanggggg banget, dan gw diingetin untuk tetep membuka mata (takut saraf mata kenapa2). dalem ati gw ngitung, sampe detik  ke-10 lepas nafas trus curi nafas, dengan tetap tidak melepaskan posisi semula. yang dirasain selama ngeden cuma hening.............

sampe akhirnya....... 07.45 WIB......
lahirlah......
si dede.....



Berat lahir : 2850 gram
Panjang : 49 cm

ALHAMDULILLAH....

pas keluar rasanya langsung angettttt... ilang semua sakitnya....

abis potong tali pusat langsung IMD. cuma bentar palingan 15 menit, soalnya si dede udah kedinginan katanya. yah.. ga berhasil IMD-nya. tapi gerakan si dede aktif banget angkat2 kepala. masih diobservasi di ruang bersalin selama 2 jam, si dede masuk inkubator samping gw. selama observasi gw dikasih sarapan nasgor sambil liatin si dede... hhh... leganya.... 

abis itu masuk ruang Mahendradata lagi, si dede di taro di baby room, katanya biar gw istirahat. jam 12 siang gw liat dada gw udah mulai ada cairan bening. wah, inikah ASI pertama yang katanya mengandung banyak colostrum itu? langsung deh panggil suster untuk bawa dede dari baby room, gw mau menyusui. 
ah, indahhhh banget. meskipun belum banyak ASInya, gw seneng dede dapet ASI pertama.

Ya Allah.... bersyukurrrrr banget semuanya lancar. Alhamdulillah...
  •  melahirkan normal tanpa penyulit (ga pake induksi, vacuum, infus, trasfusi, dll)
  • dari mulai masuk ruang bersalin sampe melahirkan cuma 2 jam (kata orang2 cepet banget) meskipun bagi gw saat itu rasanya lama. hehe...
  • si dede sehat, lengkap, cantik 
  • kamar Mahendrata poll abis, nyaman
  • pelayanan bidan, suster, kebersihan, makanan sip banget

FYI siapa tau ada yang mau lahiran disini, deskripsi gw, kamar mahendradata itu enakkkkk banget. 
isinya : 1 person bed, sofa bed buat penunggu, kursi tamu + meja buat tamu yang datang, kulkas (setiap hari dikasi 2 botol aqua 1 liter, buavita, dan susu), TV flat, kamar mandi shower air hangat, bath set (kayak di hotel dikasi 1 tas isi handuk kecil, sabun, sampo, sikat gigi, sendal kamar - ga kepake juga ma gw karna udah bawa sendiri), jemuran, baby rooming in, softex khusus nifas sebanyak 2 pak besar, dan pelayanan yang super extra memuaskan deh. kekurangannya, itu bel panggilan kenapa ga bunyi di ruang perawat aja ya? jadi klo kita tekan calling button, bunyinya se-lorong2. ganggu banget.

Selain itu makanannya super duper enak. 
- pagi2 banget dikasih snack : teh manis ma kue2 basah 2 pcs
- sarapan pagi bisa milih (nasgor, roti, atau nasi tim)
- menjelang  siang dikasi snack lagi : bubur kacang ijo + jeruk anget
- makan siangnya enak, banyak, buahnya pisang dan apel
- sore2 dikasih snack lagi : susu cokelat + puding
- makan malem juga enak2

ehemmm.. kasi tau ga ya mengenai biaya....??
seperti yang pernah gw tulis disini, ternyata emang bener ga jauh beda kok. gw extend 1 hari. dan semuanya cuma abis 8.2juta.. menurut gw itu pantas dengan semua yang gw dapet.
lagi2 alhamdulillah...........................

oia, saking cuma konsen ma lahiran, gw ga sempet foto2 coba! padahal udah niat sampe bawa canon EOS + camera pocket. ini cuma beberapa foto amatir yang amatiran banget *tepok jidat*

abis lahiran simas kecapean abis diremes2 gw semaleman. maap ya.. nyadar sih, tapi butuh pelampiasan. hahaha :*
ki-ka : gw (ga bosen liatin dede), dede, nisa (anaknya ana), ana (adiknya simas)
my big brother dan gw yang tetep ga bosen liatin dede
papap - "cucuku yang kelima lho ini..."

bapak dan ibu mertua
enaknya di lantai ini, dipojok ruangan ada ruang kaca gitu buat jemur bayi2

ah... angetnya aku dijemur....

*duh mana foto si mamah?? maap ya ga ke-shoot. ini juga gatau siapa yang fotoin. wkwkwk....

hehe... sekian ceritanya... kalo inget2 suka senyum2 sendiri. what a beautiful moment :)

16 komentar:

  1. Mba, aku sampe nangis nih terharu baca cerita melahirkannya. Tp pas baca bagian makanannya aku jd senyum2 sendiri, hehe. Congrats ya Mba.

    Jd ga sabar nih pengen liat foto babynya dan kalo ada sekalian sama foto kamar mahendradata dong Mba. Thanks

    BalasHapus
  2. hehehe makasi nit...
    foto baby-nya masih ada di SD-card. tar yah diupload. klo kamar mahendrata, nah ntu dia! malah lupa ga foto2 saking cuma konsen ma lahiran. wkwkwk.. tar ya, klo aira imunisasi ke budi kemuliaan difotoin.. :)

    BalasHapus
  3. baca aja bikin deg deg serr dehhh,,maknyus yaa wuehehehe...btw berapa panjang dan berat aira?iyaa upload fotonya dong

    BalasHapus
  4. seru kok de.. pokoknya nikmatin tiap detiknya, biar jadi kenangan indah.. itu udah gw upload fotonya aira ;)

    BalasHapus
  5. selamat ya mb....smg jadi anak yang solihah..:)

    btw,jadi sakit perut sndiri bacanya...hehehe

    BalasHapus
  6. hehehehe... aamiin... trimakasiii :)

    BalasHapus
  7. halo mba korry... perkenalkan saya icha.. selamat ya untuk kelahiran aira...

    seru sekali membaca blog mba korry... banyak info menarik dan bermanfaat...

    mba, rencana saya akan melahirkan pd bulan sept 2012,nah setelah baca blog mba korry, saya tertarik untuk melahirkan di rs budi kemuliaan...

    nah, kebetulan saya pns, berhubung mba korry juga, saya mw tanya, apakah mba korry memanfaatkan askes? kalau iya, dr total biaya persalinan, berapa yg ditanggung askes, mb?

    sebelumny terima kasih...

    salam...

    BalasHapus
  8. halo juga icha...

    mau di budi kemuliaan juga? recomended kok.
    hoho.. tentu aja gw pake askesnya. berhubung budi kemuliaan bukan RS rujukan askes, jadi pake sistem reimburse. gw pun belum proses, krn baru aja 2 hari yang lalu gw bermaksud reimburse ke askes, eh kwitansi-nya ketinggalan!(fatal banget kan kebodohan gw. haha...) lagian tnyata kwitansi itu berlaku 2tahun. nyante lah, besok2 aja reimburse-nya.

    kayaknya si lumayan digantinya. budi kemuliaan itu RS kelas B, biaya persalinannya diganti 1 juta. terus krn golongan III biaya kamarnya diganti 300rb per hari. USG, lab, dsb juga diganti. totalnya belum tau berapa, krn kmrn gw cuma nanya perkiraannya apa aja yang diganti..

    wah, masih trimester kedua dong cha? lagi seger2nya nih. banyak makan ya... :)

    BalasHapus
  9. mba, baru baca blognya juga...

    klo sy baca di webnya askes kok budi kemuliaan ini masuk yg RS kerjasama nya askes ya. Apa cm reimburse saja..

    Suami sy jg pns n tertarik jg lahiran d sana. Mnta tolong update annya ya klo udah cair. Dr total biaya itu brp yg dicover askes. Klo bs sm rinciannya jg... hehe..

    makasih byk mba..

    BalasHapus
  10. oh ya? terakhir aku ngga ko. bahkan sampe aku ke Askes obat2an tak terganti karna bukan rekanan Askes. tp untuk info lebih lanjut telp RSBK aja ya or Askes 500600, mengingat web-nya RSBK ga asik banget (kagak apdet.

    btw, sampe saat ini belum cair, karna kebodohanku yang tersuper (ga bawa kuitansinya waktu mau claim), trus belum urusin lagi deh...

    BalasHapus
  11. Salam kenal Ba Korry, thanks atas infonya. Saya April tahun lalu (2011) melahirkan di RSBK juga, waktu itu saya ambil dokter pribadi di ruang larasati. Setelah baca blog ini jadi terprovokasi nyoba mahendradata u anak yg ke dua. hehehe
    RSBK bisa ASKES juga lho, Waktu hamil Aufa dari awal periksa pakai ASKES, jadi ga perlu repot2 reimbers karena sudah ada loket pelayanan ASKES dsana. Cukup bawa rujukan dari puskesmas, daftar ke loket ASKES, tinggal ikuti intstruksi dari petugas aja. lumayan bisa menghemat sampai 50% biaya periksa dan hampir 30% biaya bersalin. Semoga membantu mbak yg tanya sebelumnya. :)
    Yuliana

    BalasHapus
  12. @ yuliana : nah ntu dia, waktu pertama kali periksa bulan juli 2011 perasaan ngeliat banner askes, trus selanjut2nya periksa dan nanya bisa askes apa ngga, dijawab udah ga bisa lagi. pas kmrn ke askes juga bilang bkn mitra (CMIIW yah.
    blm sempet reimburse ni, 30% yah? alhamdulillah...

    btw iyah, di mahendradata aja, enakeun deh :) goodluck persalinannya ntar ya....

    BalasHapus
  13. wuaaa.. nyari-nyari askes, nyasar ke blog Korry. :p

    BalasHapus
  14. hai hai uciii.. mau ada yang kedua kah?

    BalasHapus
  15. Hai mba salam kenal,
    Mau tanya jadi mba korry di rsbk berapa hari?
    Kalau lihat brosur harga rsbk kan persalinan normal spontan utk 2 hari aja ya...

    BalasHapus
  16. hi mba kireiicha.. salam kenal juga ya.

    aku disana dari tanggal 30 maret 23.30 s.d 2 april 14.00, hampir 3 x 24 jam ya, jadi dicharge 3 hari.

    paket persalinan spontan emang cuma 2 hari, jadi nambah perawatan ibu + bayi 1 hari.

    BalasHapus

 
Images by Freepik