Pages

Rabu, 20 Juni 2012

Asisten Rumah Tangga #Part 3

Kayaknya sekarang jaman udah kebalik. ini tentang pembantu. kalo liat pelem2 jaman dulu (yang bahasanya masih "dikau..dikau..."), pembantu itu ibarat manusia terjajah, majikan berkuasa bener. nah, kalo sekarang kebalikannya tuh. i would do anything biar pembantu betah.

usaha yang sudah gw lakukan adalah
- ngomong lemah lembut
- ga banyak perintah, yang penting kerjaan utama kelar. ibarat bikin minum, cuci piring abis gw makan, dll mah gw kerjain sendiri
- dikasi uang jajan tiap minggu
- alat kecantikan (sabun, odol, sampo, pembalut) gw kasi tiap bulan..

kurang apa lagi?

nyatanya dalam 4 bulan ini gw udah 3 kali ganti pembantu.
yeh, sebenernya kepulangan mereka bukan karna ga betah sih. tapi emang gw aja yang belum rezeki dapet pembantu ciamik.

pertama si ipat.
udah pernah gw ceritain kalo ipat ini polos bener orangnya. ngeselin karna ga tau apa2. tapi gw tahan2 deh. ada kepikiran untuk mulangin, tapi ga tega. dan beberapa hari kemudian sakit mata menahunnya kambuh. jadi matanya itu yang satu ga bisa liat, warnanya abu. terkadang suka kambuh sakitnya dan belekan banyak bener. akyu takut bin seram. tapi ga tega pulangin. eh, ga lama dia yang minta pulang sendiri. syukur deh klo gitu sama2 enak kan.

kedua yuyun.
ini tadinya untuk gantiin ipat, tapi krn ga tega pulangin ipat sempet sebulan mereka berdua kerja bareng. awal2 promosinya ciamik bener. gw tanya bisa urus bayi apa ngga, trus dia bilang pernah jadi baby sister. hehe saudaranya bayi? ehh, lama2 ternyata itu cuma dusta belaka. diriku tak cocok dengan caranya mengurus anak. udah gitu, orangnya suka seliwer. disuru bikin indomi rebus, malah bikin idomi goreng dengan bahan indomi rebus (asin), disuru bikin indomi goreng malah bikin indomi rebus dengan bahan indomi goreng (rebusan berkecap). dan banyak hal-hal seliwer lainnya. bah, ini mah aira bisa kacau program klo udah MPASI time nanti. terlebih, dia itu pernah mencuri kaos hijau pembantu-nya kakak gw. ke-gep pas pembantu kakak gw main ke rumah. tapi ga ngaku. beuh, khawatir berat. ingin diriku menggantinya, tapi ga enak pulangin. selama masih cuti aira full dipegang gw dan nyokap.

3 minggu lalu yuyun minta izin, ada nikahan saudaranya (catatan : baju-nya hampir semua dibawa, diantaranya yg ditinggal kaos belel dan kaos hijau itu). katanya cuma 3 hari, pulang minggu. senin tak datang. sebenernya selasa dia sms mang ujang, katanya minta dijemput di kampungnya di Ciwidey. tapi berhubung dia tidak menghubungi diriku langsung, tak kugubris deh. kebetulan juga jadi ga harus pulangin. lagian bok? repot bener harus jemput2 nun jauh disana. senin itu juga import pembantu dari Klaten, dateng rabu. 2 minggu kemudian yuyun sms nyokap pengen kerja lagi. trus kata nyokap "kok kamu ga ada kabar... sekarang udah ada orang..." trus dia bohong kalo kemarin2 dia sakit.

ketiga mbak nur from klaten.
sebenernya udah cocok sama mbak ini. rencananya mbak ini khusus buat jagain aira dan masak tok. cuci setrika bebersih pake pembantu yang sateng tiap hari aja. kekhawatiran awal gw adalah dia punya anak kecil masih kelas 3 SD. pas mau berangkat katanya anaknya sedih. nah, bener deh feeling gw, seminggu kemudian anaknya sakit, nyuru ibunya pulang. trus ga lama bilang kalo ga bisa balik lagi karna ga diizinin anaknya. nah, kemarin2 dia sms, katanya mau kerja lagi karna udah kerasan. tapi baru bisa abis lebaran. karna dapet izin anaknya abis lebaran itu.

duh, ik ga bisa menunggu selama itu!

dirumah ada bayi yang ga pules tidurnya plus ga ada pembantu, ibarat kapal pecah. setrikaan segunung. rumah berantakan. cucian menumpuk. beuhhhh.

jadi abis subuh hectic banget. gw beberes, si mamah masak, mertua gendong aira. simas? nonton sport7. #huh!
dan kasian sekali mamah dan mertua ku seharian selama gw kerja mereka bergantian jagain aira sambil setrika dan masak. hiks. i owe you so much mamah dan mertua.....

bener-bener deh urusan pembantu ini bikin gw stress. jadi ngaruh ke produksi ASI loh. kemarin itu cuma dapet 80-100ml sekali pumping dengan catatan udah sampe dipencet2 PD. alhamdulillah sekarang pikiran lebih tenang karna ibu mertua stay lebih lama buat bantu jagain aira. seringnya 140-180ml sekali pumping.. semoga bisa sampe 250 ml gitu sekali pumping, lumayan menghemat waktu 4 kali pumping udah dapet 1 liter... aamiin...

errrr, besok dateng nih pembantu dari bogor. mengingat aira ga bisa ditinggal sedetikpun, akhirnya manggil 2. hah, biarlah gajiku dan simas yang sepitik itu terpotong dan terburai-burai oleh biaya pembantu dan cicilan yang masih mendesak. hahahahaha... yang penting kelar deh ini urusan rumah tangga.


doakan betah dan bagus ya...

2 komentar:

  1. jadi pelajaran berharga nih, harus prepare dari sekarang ... sebelum si dedek lahir

    BalasHapus
  2. iya mulai2 seleksi pembantu dari sekarang aja pen...

    BalasHapus

 
Images by Freepik