Pages

Kamis, 28 Juni 2012

#MPASI : Persiapan MPASI-nya Aira

Oh.... i love having a baby. it makes me not stop learning, because next stage always waiting!

Maybe it's too early, but as usual i can't wait for preparing something that i curious about. Yes, it's Aira's MPASI! :)

Hihi, padahal sekarang aira masih 3 bulan kurang 2 hari juga, tapi ik udah ga sabar pengen cepetan ke stage MPASI. sepertinya seru. untuk itu, sudah diikuti milis mpasirumahan, follow mamakokihandal, baca2 referensi MPASI. and i just know that baby's food is soooo easy *shhombooong padahal belon praktek* hihihi....

trus dari baca2 referensi MPASI, sedikit2 jadi belajar kandungan nutrisi buah sayur maupun umbi dan biji2an. juga anjuran untuk minimalisir penggunaan gula dan garam dalam makanan. apalagi BIG no no for vetsin, pewarna makanan, pengawet, dan kandungan kimia lainnya. intinya fresh food itu lebih baik (dalam hal ini bikin sendiri dengan bahan racikan alami). dan bebacaan itu ngaruh di gw. contohnya, sewaktu kemarin ke Indomaret, ingin hati ngambil Chitat* ukuran besar, tapi jadi urung gara2 inget vetsinnya. terus kepingin ambil minuman fan*a, urung juga karna inget pewarna, kandungan gula, sama soda-nya itu lho. tapi masih ga bisa lepas dari slurpee-nya sevel. eugh, itu mah kalo diminum siang2 bolong, nikmat surga benerr...

pokoknya thanks alot banget ma mbak depeZahrial, berkat milisnya eyke jadi tau :
- alat2 MPASI
- prinsip-prinsipnya
- resep-resepnya
- kadungan gizi sayur, buah, dedagingan berikut mengolahnya

liat peralatannya juga kayaknya cihui dan bikin penasaran. so, setelah membaca-membici, diriku punya beberapa list peralatan MPASI yang ingin dimiliki (sukur2 di-kado-i) --> ngarebbbb :
  1. Slow cooker --> konon ini katanya alat perang paling penting dalam dunia per-MPASI-an. dan merek paling direkomendasikan adalah Takahi. gunanya : masak cecampuran seperti tepung beras, beras, sayuran, daging, ikan, de-el-el menjadi begitu lembut dan sempurna, karena bisa dimasak dengan panas yang bertahap dan lama, tanpa konsumsi listrik yang besar, trus bisa ditinggal tanpa takut gosong. hm.... itu iklannya. kayak apa ya? let's see...
  2. Food Processor --> ini untuk memblender makanan menjadi halus. belum ngerti juga beda fungsi ma blender itu apa ya?
  3. Food Maker --> ini versi manualnya food processor. udah pernah liat punya ponakan sih. gw tertarik Pigeon.
  4. Food Feeder --> ini untuk ngasi jus buah ato cecampuran yang cair tadi ke baby tanpa takut tumpah. sungguh tertarik sama Boon Squirt, tapi setelah survey penggunaannya kek mana di youtube, ga suka karna penutup sendoknya ga full, trus bagian bawahnya itu lonjong, jadi kalo mau masukin makanan kudu make 2 tangan, ga praktis. jadiii, pilihan sepertinya jatuh pada Munchkin food feeder, tutupnya full, bentuk bawahnya bulat datar jadi bisa diberdiri-in.
  5. Feeding set --> alhamdulillah udah dapet dari kado aira. lengkap kap, sampe yang ada training cup mag-mag system dari Pigeon. tapi sepetinya mau beli lagi tempat makan yang ada tutupnya, tertarik Tommee Tippee.
  6. Food warmer --> belum tau yang bagus dan murce merek apa.
  7. Ice cube yang ada tutupnya --> ini untuk wadah kaldu yang dibekukan.
  8. Food cup --> cup2 kecil buat persediaan makanan. jadi ngeracik MPASI ga perlu tiap kali mau maka, tapi 1 kali racik bisa buat 2-3 hari. ah cihui untukku yang malas.
  9. Food Teether --> sebenernya suka yang merek Munchkin, sepertinya bahannya lebih halus. tapi sayangnya ga ada tutupnya. kemudian pilihan beralih ke merek Sassy. terlebih lagi setelah liat review di youtube, ini ada ice gel-nya. jadi bisa kasih makanan dingin ke baby - dingin dari ice gelnya itu. hihi lucu. tapi belum kebayang ngasi yang dingin2 ke aira.
  10. Barang perencilan macem --> talenan, pisau, ulekan, dll. harus baru katanyah. dan pemakaiannya dipisahkan dari masak-memasak dewasa. ceunah untuk higienitas dan menghindari percampuran aroma masakan dewasa yang cenderung berbumbu.
  11. Juicer --> ini untuk bikin sari buah. alhamdulillah udah ada dari kado nikahan.
  12. Pepancian --> punya aku punya (meski jarang masak) it is brand new 1 set dari mertua. jadi ketauan belum pernah dipake.

Apalagi ya..... mungkin masih banyak lagi, tapi untuk sekarang baru itu yang kepikiran. wong nyobain masaknya aja belom pernah. hehehehe...

beuh, segono noh list yang harus gw punya selama 3 bulan mendatang. banyak ya ceu??? sama halnya seperti beli perlengkapan bayi, sepertinya harus beli dicicil dari sekarang....

hap hap hap!! i'm soooo exited. here i come...... a very cute aira's chef is comiiiingggg!!!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik