Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

Comfort Zone

Weekend kemarin sebelum lebaran kita silaturahmi ke rumah bu'lik2. yang beda? sekarang bareng sama adiknya simas (juga beserta suami dan anaknya) soalnya udah punya si hitam jadi bisa bareng. trus bawa aira juga.

yang terjadi?
aira rueweeellllll... *sigh*

jadi si hitam itu kan kacanya bak aquarium, karena kita belom juga sempet pasang kaca film. jadi di pagi mejelang siang itu, enah kenapa hari kok puananaaaaas bgt. AC sih dingin, tapi sinar matahari dari luar merembes begitu akut. bikin aira resah banget duduknya. selametnya aira nyusu sepanjang jalan cempaka putih-jatiwaringin jadi rada aman. alhasil? aira gumoh karena kekenyangan. bawuuu baju gw semua.

terus ya namanya juga silaturahmi, banyak sodara, banyak orang.. suasana jadi tambah panas.. digendong gitu salah, gini salah, apalagi direbahin, makin kejerrr... akupun jadi sutris bin puyeng. rada ga enak ko ini bayi nangis mulu sampe2 minjem kasur orang buat rebahan plus nyusu. apalagi ada 2 anak kecil lain juga disitu kok ya anteng banget. hihihi tapi kan mereka anak kecil, aira bayi loh.

aira itu udah terbiasa dengan comfort zone. dimana di cempaka putih maupun di gading nias nanti, suasananya sepi... tingkat kebisingan bisa gw atur. misal si papap teriak2 nonton bola, gw bisa langsung "sstt!" senyap deh seketika. hahaha.. udah gitu terbiasa dengan AC, kasur empuk, dan ditemenin seharian.. technically she never being alone until now. also, she always get a fast response for every her cry.

then i thought, how she can be tough?

sebagai orang tua, mana coba yang pengen anaknya ngerasa ga nyaman. pengennya gendong, peluk, setiap tangisan direspon cepat, serta didukung dengan sikon yang nyaman untuk bayi. tapi di sisi lain, dia bakalan kuat gak ya kalo ngalamin kondisi yang bikin dia ga comfort nanti? kalo jadi manja gimana? terus ada selentingan kudengar aira itu disebut rewel. hiks, my heart was broken dan ga rela. ngga, aira ga rewel. she's simple, she just cry when she's hungry, thristy, sleepy, sweaty and hurty. and as a mother, i'll say, it is toooo normal.

terus tersasar-lah gw ke ask dr. Sears. highlightnya adalah :
  • The cry is not just a sound; it's a signal
  • Since crying is the ONLY way for her to communicate, then if we dont response it, baby will have two choices : cry harder or become a "good" baby means silent. result, she'll become dicourage baby. ah seyem kutakmau begitu.
  • In time you learn the ultimate in crying sensitivity: to read baby's body language and respond to her pre-cry signals so baby doesn't always have to cry to communicate her needs. yup yup, we can handle before she cry!
  • Mother loses trust in herself. ou lose trust in your baby's signals, and you lose trust in your ability to understand baby's primitive language.

bah, serem pan? it is simple lho. selama bayik aja ini. klo udah toddler dan selanjutnya, beda lagi penangannnya.
so aira, untuk kamu bayi kecilku, bunda akan selalu ngasih kenyamanan, selama.... kamu masih bayik. sampe saatnya nanti, kamu harus belajar lebih mandiri ya *contek buku lagi gimana caranya*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik