Pages

Kamis, 13 September 2012

ASI dan DUREN

Siapa yang percaya kalo apa yang kita makan bisa pengaruh ke ASI? ngacung..

gw tadinya ngga.

selasa dini hari aira tidurnya gelisah, nyusu mau ngga mau, sebentar dilepas, sebentar nyusu. tapi gw ngeh banget kalo bukan nyusu yang dia mau. ga lama kayak merintih, terus gw peluk. ga mempan. tapi saking ngantuknya, gelisah gitu matanya tetep merem.

ga lama kemudian.. duuuttt. eh dia kentut. ga lama liat diapersnya eh pup sedikit, kering, dan hijau! gw ga terlalu khawatir masalah pup hijau ini. berhubung ASI lagi lancar jaya, mungkin aira kebanyakan minum core-milk, belum sempet minum hind-milk udah keburu kenyang. tapi merintih gini jadi inget roseola bulan kemarin. ga tegaaaaa :'(

di hari selasa itu, aira pup 3x.

rabu dini hari gitu lagi. gelisah. pup jam 2 sedikit. jam 3 sedikit. stg5 banyak. jam 7 sedikit.  jam 10 sedikit. jam 2 sore banyak. udah berapa itu? 6 kali. warna : hijau.

pupi 6x dalam kurang dari 24 jam, khawatir dong ya. kecuali dulu baru lahir bayi ASI emang bisa pup lebih dari 6x, tapi sekarang2 kan udah cuma 1x sehari.

sore wakuncar ke dr. Meri. seperti biasa : I LOVE HER!

ditanya "lho.. ada apa ini? harusnya imunisasi 28 sept ya..."
trus gw ceritain ini itu.
dan dilanjutkan dengan observasi :
M : masih ASI kan? K : iya
M : udah berapa hari? K : 2 hari, kemarin 3x sekarang 6x
M : pup berapa kali? yang banyak? K : 6 kali, yang banyak 2
M : baunya asam atau bau busuk? K : hm, bau sih dok, tapi kayak biasa aja tuh, dan warnanya hijau
M : terakhir pup jam brp? K : jam 2 siang

trus dilanjutkan diagnosanya :
"kalo saya ga yakin ini karena virus atau bakteri ya.. karena kalau karena virus, bau pup asam dan kalo karena bakteri bau busuk"
"pup-nya juga belum dikategorikan diare karena yang banyak 2x, dan sudah 3,5 jam ga pup kan? semoga sekarang udah sembuh nih..."
 "diare itu 10cc x BB bayi sekali keluar. dan bisa digantikan cairan seperti pedialit. saya resepkan, tapi ga usah ditebus dulu ya, nanti kalau pup banyak lagi, baru beli obatnya. sekarang banyak ASI aja"

she's a RUM doctor! heart it.

trus gw nanya : "konsumsi saya berpengaruh ga dok? senin malam saya makan duren.. sebenernya ini udah kejadian 2x, bulan2 lalu saya pernah makan duren dan kejadian gini, tp cuma sebentar. karena skrg sampe 2 hari, saya khawatir"

dr. Meri senyum dan bilang "duren itu dapat berpengaruh #jleb# *udah nyesel banget denger kalimat pertamanya juga* tapi ini ga bisa disamaratakan ke semua bayi ya. banyak kok ibu menyusui lain makan duren, pedas, tapi ga berpengaruh ke bayinya. tapi aira, mungkin termasuk yang terpengaruh" gitu katanya..

aira, MAAAAFFFFFFF! :'(

selama ini ya, gw ga percaya tuh dengan wejangan2 ibu menyusui jangan makan ina inu.. misal : big No for pedas, dingin, ikan, duren, tape, dll. sepulang lahiran di budi kemuliaan, bidan dan dokter juga bilang kalo gw ga ada pantangan makan apa2. beberapa literatur yang gw baca juga ga ada pengaruhnya. apalagi minum dingin, ASI akan tetap keluar dari PD dalam suhu 37dc kan? ga bakalan jadi es krim gitu misalnya?

pas aira kejadian kayak gini pertama kali bulan kapan itu, gw abis makan es podeng, toppingnya pakai duren. malemnya aira resah kayak sakit perut. simas nanya apa mungkin karna duren. trus gw tolak mentah2 aja teori itu! apa hubungannya? duren kan masuk ke sistem pencernaan gw. sempet ngambek juga dan bilang "yaudah semua gara2 aku!" --> drama

senin malam kemarin? abis beli 3 duren medan utuh! dimakan ber 4, paling gw cuma makan 5 butir (cuma?). tapi efeknya? jera.

emang wejangan ibu-bapak jaman dulu itu ga ada penjelasan ilmiahnya, jadi rada susah diikutin. tapi seiring waktu, banyak banget kan do and don't mereka yang terbukti ampuh. karena baru ada penelitian ilmiahnya sekarang2. 

i'm a rational person, kalo ga ada penjelasan ilmiahnya gw jarang percaya. tapi kali ini, percaya ga percaya deh. gw lebih khawatir aira daripada rasio.

dan terus gw baru teringat : daun katuk dan sayuran hijau aja bisa jadi boost ASI, itu makanan loh. jadi mungkin banget dong kalo duren itu bisa juga bikin perut bayi ga enak. orang dewasa aja kalo abis makan duren bisa panas perutnya.

introspeksi buat gw sekarang, jangan sok kepinteran, jangan menjadikan mbah Google sebagai dewa dimana semua info bisa gw dapet disitu, ga semua pendapat modern doctor itu bener. hey! ada mamah papap itu...  udah hidup 60 tahun loh dia. anak 3 cucu 5 ponakan ga keitung. dengerin kenapa sih? sampe berbusa papap bilang jangan minum dingin aja kenapa gw ngeyel banget sih. itu mamah masakin daun katuk jagung manis mbok ya dimakan. itu bawang2 ditumbuk ditaro diubun2 aira kalo abis pergi2 biar ga masuk angin ya diikuti aja..

ah apapun itu, maafin bunda ya Aira...

maaf juga papap mamah...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik