Pages

Selasa, 25 September 2012

Dari awal lagi

Cobaan bener ini..

mahfum banget dari kemarin2 gw ngos2an dalam hal per-ASI-an. ibaratnya setetespun berharga banget untuk gw. terparah kemarin gw tinggalin kerja dan ASI cuma 250 ml. eyakk, ngojek lah gw istirahat siang pulang ke rumah. sebenernya ada jasa kurir ASI ya? tapi berhubung kalo simas ga sibuk bisa dianterin, trus jarak senen-cempaka putih juga cuma 15 menit. mending pulang aja deh...

entah kenapa itu kemarin2 ASI lagi lancar jaya. jadi sistem per-ASI-an gw ditelaah (tsahh) sama mba yaya (tetangga-red) yang sekarang udah punya stok 90 botol! (envy berat!).

dia tanya (Y), sehari bisa pompa berapa?
gw : 600ml
Y :aira selama ditinggal minum berapa?
gw : 500-600ml
Y : "lho... itu kan bisa nyisa. kalo sehari sisa 1 botol dan dari senin-jumat nyisa 3 hari aja kamu bisa stok 3 botol. dan weekend... adalah saatnya nyetok!"
gw : "yang ada weekend malah berkurang mba..."
Y : "kok bisa?"
gw : "soalnya aku mompanya kadang2... tapi berkurang karena aku minumin botol juga.. lagian dinenenin seharian perasaan udah abis"
Y : "lho.. jangan gitu.. terus dipompa aja sesuai jadwal biasanya.. sedikit2 ga apa2... weekend itu saatnya nambah stok"
gw : "o... brrt aku salah manajemen ASI nya ya.. oke deh dicoba.."
endebre endebre.. kita ngobrol masalah MPASI, parenting, dokter, imunisasi, dll.

abis ngobrol itu semangat gw membara banget nih. so prinsipnya :
  • pompa rutin
  • weekday kalo nyisa alhamdulillah
  • weekend saatnya nambah stok
  • minum banyak, jangan dipikirin just do it!

seminggu... dua minggu... from 2 bottles on freezer... berapa itu di minggu ke 2?

26 BOTOL!!!

masya Allah Alhamdulillah wa syukrulillah... merinding gw liatnya... beneran ini...
tiap liat freezer hati berbuncah-buncah. berangkat kerja juga tenaaaaaangg banget. hehe masih jauh dari stok yang membanggakan, tapi ya Allah 6 bulan ini kejar2an baru deh kali ini ngerasa tenang...

tapi Allah berkehendak lain.

weekend kemarin pergi ke Cirebon dalam rangka nengokin dede fathir yang baru lahir. sebelum pergi  sempet2nya gw bikin es sirop. pake es batu... kretek2in, kocek2, es masukin freezer lagi.. lalu berlari kecil masuk mobil..

apa yang tertinggal?

pintu freezer nganga!

ngintip sedikit aja. tapi senen pagi itu gw melihat ASI cari semua. iya, SEMUA!!!

kalo baru 24 jam sih masih bisa diminum ya.. at least 6 botol dalam waktu 24 jam itu lumayan.. tapi berhubung ini udah 2 hari yaudah dibuang semua. sediiiiiiiihhhh banget. gw cuma bisa istighfar liatnya. trus nangis. hehehehe...

bingung gw mana mau berangkat kerja. dan stok 250ml waktu itu bukan yang terparah. sekarang 0! giyaaaaa... piye yo? pompa dengan stress, udah diminumin aira, plus dalam keadaan ngantuk dan capek karena pulang jam 3 pagi, alhamdulillah masih bisa 100ml.

parahh... kemarin pergi kerja 100ml! akhirnya gw bagi 2 @50ml. di kantor dapet 100ml. kasian banget aira pas gw pulang siang kehausan. minum sampe 1 jam! pompa di rumah 50ml! pulang jam stg6 paaasss banget aira bangun tidur dan haus. kasiaaaannn...

tadi pagi gw tinggalin dengan 320ml. hasil pompa semaleman itu. pompa 4 kali, dikit2 gw kumpulin.

hahaha, dari ENOL lagi dahhh ini stok. kemarin udah PD mau e-mail asibayi order botol kaca. eh... sekarang berjejer lagi itu botol2 di rak... untung kemarin masih sempet foto2in ASI saking seneng.. waktu stok masih 21 botol..

Rest In Peace ASIku.. ini pelajaran banget untuk gw biar ga ceroboh lagi.. besok2 semoga bisa lebih banyak lagi.. Insya Allah.. semoga perjuangan ini ga sia2.. Aira jadi anak yang sehat, kuat, dan cerdas.. Aamiin...

ASI punya Aira (RIP)

2 komentar:

  1. duuh..sedih banget buang asip sebanyak itu. Alhamdulillah pas ASIX, stok masih nyukup. Sekarang Nara udah 10 bulan malah kejar tayang, huhuhu.. Untung udah maem, jadinya ga terlalu tergantung sama ASIP. Pernah juga ninggal kerja cuma bisa ngasih 1botol ASIP plus 1 botol air jeruk, sediiihh banget.. Kepikir mau tambah formula, tapi dari hasil curhat sama temen yg sukses ASI, gak usah gpp..soale Nara dah maem. Ntar aja pas udah 1 tahun tambah UHT. Eh,malah panjang komennya,heheh..

    Semangat ngasi ASI!!!

    BalasHapus
  2. seneng kali ya klo pas asix stoknya banyak.. ga ketar ketir terus.. klo udh makan banyak subtitusinya, bisa air jeruk, jus buah. sampe skrg aku jg stoknya ga banyak2 bgt tp udah tenang.. nara asi terus aja, tar dicampurnya di atas 1 thn. hehe.. :)

    BalasHapus

 
Images by Freepik