Pages

Senin, 05 November 2012

MPASI Aira 6 Bulan

Wohoo.. ini dia stage yang gw nanti-nanti...

M P A S I !

pas 6 bulan itu aira langsung MPASI, udah ga sabaran jadi gausah nunggu 1 Oktober, tapi gw itung sampe 180 harinya! biar lebih cepet. kata si mamah : "kenapa gitu2 amat sik?" huehue...

setelah browse sana sini, gw milih Gasol Tepung Beras Merah Wangi buat makanan padat pertama aira..


jadi pagi itu, hati udah ketar ketir, nunggu pagi lama amet. abis subuh langsung deh meloncat dan meracik. ngliat pengalaman, bocah ini rada susah adaptasi sama hal yang berhubungan dengan makan (teringat imunisasi polio, minum pake dot, dsb). jadi gw bikin si TBM (Tepung Beras Merah) seencer mungkin. sampe2 gw naro ASI di part lain biar kalo dia ngerasa asing langsung blep, dimasukin ASI. makannya pun pagi banget jam 6 pagi. itu sepagi anak SD mau brangkat sekolah. soalnya mood aira oke banget abis bangun tidur. lagian biar latihan terbiasa sarapan. gw ga mau aira kebiasa ga makan pagi kalo sekolah dll.


eh, kok ya gw masak bukannya latihan dari kemaren2. adukan pertama gagal. akibat gw masukin tepung ke air lagi mendidih, jadi gerundel2 deh tepungnya. lantas dicoba lagi trus campur ASI. suapan pertama : mangap anaknya! uhuyyyy. ditelen lep lep lep.. *bahagia* tapi ga lama... soalnya gw bikinnya keenceran. dianya ga sabar trus bad mood. hadoooh. yasuda yasuda, dihentikan dulu. dimandiin trus bobo lagi..

 

Jadwal gimana? ah, berhubung emaknya juga not a well planner, jadi tidak dijadwalkan. sempet usaha. tapi pikir2 suka2 anaknya ajalah. tar udah dibikinin jadwal, malah tersiksa anaknya. prinsip gw, yang penting makanan anak itu ALAMI, SEHAT, FRESH, dan VARIASI. itu aja..

tapi 4 hari pertama tetep TBM, dan ga alergi. yeay! hari ke-5 tepung kacang hijau. malemnya leher bruntusan. garuk2. kasian.. 

menu beralih ke tepung beras putih bikinan sendiri campur wortel (kata milis tersohor itu, wortel untuk 8 bulan +) tapi sikat bleh... dan pup jadi mengeras. aih.

baca2 resep MPASI, terong ungu bisa dijadiin puree. trus di pagi itu gw bikin deh dicampur TBM. dan gatal menjadi2. beeeerrrrrrruuuntttuuussssaan!!! aira garuk2 leher, dada, kuping.. merah2.. lecet.. ampoon! ceunah dikasih salyc*l bisa kok untuk 6 bulan+, tapi ga kunjung membaik. terbirit-birit gw ke RS tambak, dikasi Hydrocortisone sama dr. Dyah. mendingan deh.

lapor gw sama emak babe. dan dikatawain se-ERTE! anak kecil kenapa dikasih terong?? orang dewasa aja suka gatel kalo abis makan terong... ah maap sekali lagi, aku ibu muda yang terlalu nurut sama mbah gugel. nemu lah resep itu dari milis. ah....

gw : terus anakku dikasih makan apa mah?
bayam aja bayam, kata si mamah.
gw : ok.

dan bayam itu jadi menu seminggu. boooo payah lo kor, variasi mana variasi? 
divariasiin kok. bayam hijau.. bayam merah.. dicampur wortel.. kadang zukini... sawi putih... labu.. trus buncis... variasi kan... tapi intinya bayam. abisan doyan. huehehe..

sebulan MPASI, menemukan kenyataan bahwa aira ga suka manis!

udah coba :
  • Kabocha, dilepeh sembari muntah. sedih hatiku. mahal loh itu nak *emak pelit* akhirnya si bibi yang kegirangan "enak loh teh... kayak ubi manis" yada, makan sono.
  • buah-buahan seperti : pepaya, mangga harum manis, jeruk baby, pear. aira muntahkan semua itu. ekspresi? jijik. hhhh..
  • cuma 1 buah yang dia mau : alpukat mentega. pagi itu dijus dan dia lahap. ah senangnya! tapi dicoba lagi pake alpukat biasa waktu di perjalanan (no sugar, milk, ice added) eh dia ga doyan! ah, kamu nak, tau aja yang enak.
seiring perjalanan MPASI, gw ga lagi pake prinsip2an. asal dia mau, lep lah..

gw gatau udah boleh apa ngga, 6 bulan 3 minggu aira udah nyobain ayam. malem itu ke Bell Mart beli daging giling. dicobain besoknya campur TBM dan sedikit wortel. dan doyan!*sujud syukur*

berapa kali itu pup aira keras. keluar segede biji rambutan. bulet2 pake ditadahin tangan ma si bibi buat ditunjukin. iuw, aku bisa liat di diapersnya kaliii.. kalo lagi keras gitu, sampe suka nangis pupnya. kasian deh. abis gimana, anaknya ga mau buah ini?? akhirnya buahnya diselipin bareng bubur, tapi cuma satu dua potong. manis dikit hoek dianya.

sampe pada bilang, kok anak kecil malah ga suka manis? trus gw menjawab "pelan2 ngenalin rasanya... kan malah nantinya ga suka permen". tapi masih terus dicoba sih.. kalo gw lagi makan mangga ato pepaya, suka gw tempelin dibibirnya trus dijilat2. nah, kalo cuma dijilat dia ga muntah tuh. pelan2 ya de....

nah... gitu deh cerita MPASI 6 bulan aira...

so... dari 6.4 kg.. dan 3 minggu saja aira naik 600 gram! alhamdulillah....

i'm a super duper happy mommy!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik