Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Persiapan Perlengkapan Melahirkan di Rumah Sakit

Kemarin-kemarin ada temen simas yang telepon, katanya lagi browse malah nyasar di blog ini. terus nanya : "itu barang bawaan melahirkan sebanyak itu? berlebihan banget deh..." hahaha gw memang mamak lebay.

sebelumnya pernah post di sini, tentang barang-barang apa aja yang mau gw bawa pas lahiran nanti. sampe H-14 barang-barang itu udah lengkap, kecuali camilan gw.

di list itu, banyaaaaaaaakkkkk banget perlengkapan bayi yang mau dibawa. tapi setelah ditimbang2, akhirnya gw cuma bawa setengahnya karena itupun udah kayak orang pindahan. ternyata, banyak perlengkapan bayi yang ga kepake ibuk-ibuk. malahan, perlengkapan yang banyak perlu dibawa itu adalah perlengkapan ibunya! sungguh deh bayi sepitik itu belum butuh perlengkapan macem-macem.

di RS yang ada gw kekurangan  underwear dan piyama soalnya cepet kotor karena nifas (gw pake kain 1 hari aja soalnya ribet banget, setelahnya pake piyama terus krn lebih nyaman). trus butuh camilan, selama kontraksi semalem itu, gw cuma makan telur rebus, silverqueen dan bolu2 warung, padahal pengen makan lays, sweet corn, trus minumnya caramel frappucino. lah ini lahiran apa piknik? hehe.. padahal beberapa hari sebelum itu gw ingetin simas mau ke alfamidi beli cemilan yang banyak. trus kata simas, cemilan gampang, tar langsung beli di RS aja. nah iya kalo ada, ampun deh Budi Kemuliaan itu ga punya cafetaria 24 jam. cuma ada double dipps doang. itupun cuma buka siang.

berdasarkan pengalaman gw, inilah barang-barang yang diperlukan di RS

1. for baby
  • 1 set baju pulang : atasan, kaos dalem, popok selimut, topi, kaos kaki
  • bedong 1 bh
  • minyak telon 
  • perlak kecil untuk di perjalanan pulang
udah. dikit kan? hehe... gembol dah tuh bantal menyusui! ga kepake neng. dan sampe sekarang masih ga kepake. iya seinget gw dari sekian banyak perlengkapan yang gw bawa, aira cuma pake itu. selebihnya udah dari Budi Kemuliaan, seperti baju ganti dan popok. kalo mandi udah dimandiin suster.

2. for mom
  • camilan kesukaan sambil nungguin kontraksi. recomend coklat. bisa ngumpulin energi loh.
  • charm night wing 41 cm! sumpe ini nyaman banget dibandingin sama pembalut khusus nifas. ketampung deh --> bukan posting berbayar
  • undewear aka CD yang banyaaaaakkkkk. yah sehari ganti minimal 3x lah ya. bisa lebih sih, soalnya ga betah kalo lembab.
  • piyama yang adem n nyaman, sehari 3x ganti baju.
  • bra menyusui, mesti banget pake ini biar langsung siap menyusui.
  • alat mandi dan make up secukupnya
3. for papi
  • baju ganti
  • bantal dan selimut -> kalo2 di kamar ga ada sofa bed untuk penunggu. alhamdulillah di Budi Kemuliaan ada. simas tidur di sofa bed, pas ada mamah simas tidur sekasur ma gw. hehe...
4. etc
  • kartu kontrol kehamilan
  • hand sanitizer. penting!
  • hasil tes lab dan usg 2d, 4d
  • duit cash
  • piring, gelas, SENDOK, dan sunlight. buat makan dan minum penunggu. bawa yang melamin aja.
  • minuman untuk tamu : aqua/teh kotak
dikit kan? heboh bener ya gw waktu itu. sekali lagi, gw mamak lebay.

trus kalo boleh saran tak perlu lah itu alat bayi macem2 seperti beli bermodel-model gendongan (sebelum lahiran punya dua dan setelah lahiran punya delapan dari kado), bantal menyusui? gak guna! kenyataannya enakan diganjel sama bantal lepek yang mahfum sama iler gw di rumah :p

yang perlu adalah..... BREAST PUMP!

kalo bertekad ngasih ASI, beli breastpump yang cocok dan terbaik. waktu itu gw asal punya BP aja, jadi beli tommee tippee. murah sih. hehe... taunya ga nyaman. sekarang gw pake medela swing dan medela harmony buat manualnya. penting punya dua, just in case yang satu bermasalah, ada back upnya. dunia perASIan pun tetep lancar.

anyway..... dari semua persiapan, yang terpenting adalah persiapan mental ibu dan ayah. dan duit sih. hehehe...

so, mami papi who are waiting for baby pitik, wish you have a great birth moment! :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik