Pages

Senin, 15 Juli 2013

MPASI 8 bulan + : Crunchy Cheese Cookies

hihihihii ini resepnya masih sama seperti pernah ditulis disini. bedanya, kalo dulu gagal sekarang berhasil!
original recipenya nyontek mama kece disini.

historinya, adonan pertama kali pake pisang cavendish biar manis. belum pake keju. hasilnya gagal.
terus kedua, ga pake pisang, tapi pake keju. masih gagal.
terus ketiga (baru-baru ini) kenapa behasil? karena baru beli oven! gakgakgak.. parah banget yak, ya namanya baking oven mesti punya deh. pake microwave yo bantet! dan gw nyesel setengah mati ternyata bikin kukis ini super mudah. 40 menit jadi! hiks, tau gitu tak perlu gw kasih marie 10 bulan kemarin. dikasihnya 1 tahun plus aja mestinya.

so, ini yang gw bikin :

BAHAN-BAHAN
  • unsalted butter merek elle & vire
  • margarine forvita
  • tepung terigu (apa ya yang ada dirumah? udah ditoplesin sama mamah). tapi recomend tepung terigu rendah protein (misal : kunci biru) biar crunchy
  • keju prochiz (dari awal gw pake ini dibanding kraft, soalnya ga terlalu asin)

CARA MEMBUAT
  • masukkan unsalted butter dan margarin ke dalam wadah. komposisi 40 : 60. kocok dengan mixer sampe tercampur rata
  • masukkan tepung terigu, mixer lagi
  • masukkan keju yang udah diparut, ulen-ulenin dengan tangan
  • setelah tercampur rata, bentuk sesuka hati
  • panasin oven 170 derajat selama 5 menit
  • masukkan adonan ke dalam oven selama 20-25 menit. api yang atas aja.

Note:
  • kalo yang belum ngasih garam ke baby-nya, pake unsalted butter doang juga enak kok. gw pake margarine karena biar lebih wangi. kalo butter, mesti banget pake ini soalnya wangi enaknya dari butter itu.
  • as usual takaran gw pake feeling. klo mau liat takarannya, lihat di original recipe nya aja ya. btw kalo gw sih patokannya, saat dimixer masih belum lengket (agak-agak kering dan terpisah) nah pas diulen-ulenin pake tangan langsung nyatu semua. teksturnya menyatu tapi ga lengket di tangan.
  • kalo ga ada mixer bisa juga di ulen-ulenin pake tangan
  • jangan kelamaan dioven, tar agak pahit *mungkin karena ga pake gula* oven sampe menguning aja.
  • oven is must have item. hehe..


result : aira doyan! puas dan senenggggggg. kenapa ga bikin dari dulu! hiks. totally semenjak berhasil udah 3x bikin. habis terus soalnya bundanya juga doyan :p
trus kemarin ada anak sepupu (1 tahun) main ke rumah, dan dia juga doyan banget. habis 6 keping. aira awal-awalnya posesif ga ngasih kuenya tapi lama-lama malah dikasih-kasihin. hehe... pulangnya gw bekelin 1 toples kecil, dan sepupu gw jadi mau bikin juga :)

terus gw jadi kepedean mau bikin kue lebaran sendiri. nyahahahahahaha *self toyor*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik