Pages

Kamis, 05 September 2013

Pangandaran

Pertama kalinya ke Pangandaran untuk Simas dan Aira! :D

kalo bunda dulu masih gadis (ceilah) udah pernah waktu habis tsunami. sebenernya rada aneh juga, orang habis tsunami malah maen daerah laut. yang ada, susah cari hotel, pemandangan puing-puing rumah dan hotel, untung ga ketemu tengkorak nyelip, suasana sepi palingan ada beberapa kios yang jualan baju, ga bisa main di pantai karena ombak dan cuacanya belum stabil. pernah hari itu lagi berdiri di jalanan deket pantai, lahdalah ombak gede banget sampe ke jalan aspal dan mengapungkan perahu-perahu yang lagi parkir ke jalan. buset skeriiiii!!!

tapi weekend kemarin nggak dong! :) meeting point-nya di Bandung. so, jumat sore kita (gw, simas, Aira, dan bi Eni) ke Bandung buat nyamper papap mamah. terus nanti kita ketemu teteh sekeluarga yang udah dari kemarinnya di Pangandaran karena ikut tugas suaminya.

niat banget dari bandung jam setengah 3 pagi! sampe Pangandaran dalam waktu 5 jam, dan langsung nyeburrrrr... sambil nyebur papap cari hotel..ini bukan pertama kali Aira berenang di pantai. pertama kali itu kan di Ancol. aira kemayu banget gw pakein one piece! hihihihi..

di pantai barat pangandaran itu kan pasirnya warnanya coklat. berhubung gw bukan yang berprinsip "kotor itu baik" jadi selama ini emang aira ga dibolehin main kotor-kotoran, pegang-pegang tanah, pasir, dll. nah, disana dia jadi rada-rada jijik tuh.. yang ada kemarin itu sempet ga mau turun terutama di pasir yang basah, trus kakinya jinjit, giyut-giyut, sambil bilang "iiiiiiihhhhhh" :D

aira bilang "iiihhh.. ihhhh.."
bilang "uhhh.. uhhh" minta dibersihin kakinya.. hihihi
aira ikut-ikutan surfing kayak kakak hafizh

habis renang di pantai kita renang di kolam buat bersihin badan, trus makan nasi goreng hotel, emang makan sehabis renang itu rasanya nikmaaattt banget. setelah mandi bebersih kita tidur di hotel ngebayar tidur-tidur ayam di perjalanan tadi malem.

siangnya kita bakar ikaaaan! kebetulan kita nginepnya di bungalow, jadi isinya ada 2 kamar (sementara teteh nginep di hotel yang deketan ma bungalow kita), trus ada dapurnya juga, jadi bisa masak-masak. buat bakar-bakaran kita pinjem grill hotel terus beli ikan segar kiloan dan areng. bumbu cukup margarine, bawang merah, cabe rawit dan kecap sajah... looks so delicious! tapi gw cuma bisa ngemut mie instan karena takut aira alergi-nya kambuh. still one and half day to go, gw ga mau aira gegaruk sana-sini plus merah-merah meradang, apalagi udara pantai yang panas dan lembab. hmmmhh... cuma bisa nyium aromanya aja.. hehe :p

abis makan pada leyeh-leyeh, dan terasnya kan langsung laut barat (meskipun ketutupan sama penjual baju kaki lima). yaudah duduk-duduk aja depan kamar. sementara itu, gw mulai gatel liat yang jualan baju, mau tak sambangi aja daripada nganggur. hehehe... dapet dress buat aira lucu banget, cuma 25 ribu aja, kaos-kaos setelan gitu juga 25 ribu, kaos oblong cuma 25 ribu, ih senang! padahal menurut gw bahannya bagus, adem dan tebal..

sorenya udah rada adem sekitar jam setengah 4, kita nyebrang ke pasir putih. naik perahu kecil cum 10 rb aja per orang. sebenernya bisa sampe muter-muter ke batu layar, terus muter lagi sampe pantai timur, tapi kayaknya bawa anak-anak kecil cukup lah ya sampe pasir putih.

di pasir putih langsung jalan agak dalem ketemu monyet liar. eh ada turis lagi pegang nu green tea direbut aja loh! trus mamah sempet tasnya mau ditarik, tau aja di dalem ada botol susu aira. ih sangar kamu nyet. gw jadi takut banget sampe berkali-kali kaget kalo ada monyet nyamperin. akhirnya kita menjauh dan main di pantainya aja.

ternyata di pasir putih lebih bagus pantainya. aira ga jijik. eh tapi emang ga lepas sendal juga sih, dan aira ga berenang karena ombaknya agak besar dan aira juga keasikan ngumpulin batu karang.

di pasir putih maksimal sampe jam 5 sore, terus kita balik, bersih-bersih dan habis solat magrib kita nyewa odong-odong! cihuy banget bisa diisi 6 orang dewasa plus krucil-krucil pada nyelip. sayangnya pas main odong-odong ini aira udah tidur, kecapean main di pantai kali ya. akhirnya aira tidur aja di hotel ditemenin eni. btw odong-odong ini cuma 50rb/jam. trus kita pake odong-odongnya ke restoran seafood di pantai timur. apa ya namanya pokoknya yang besar dan rame. berhubung 4 orang dari kita harus mengayuh bareng-bareng, sementara odong-odongnya overload, jadinya beraaaaat banget! hahaha tapi jadi lucu aja pada ketawa-ketawa. odong-odongnya juga full musik dangdud! hassekkk....

tak lupa mampir beli ikan asin untuk oleh-oleh.. katanya paling enak ikan asin haji udin, lokasinya deket pasar pelelangan ikan ke arah pantai timur. ga bisa review rasa, secara entah kenapa selain takut aira alergi, sekarang ini gw jadi ga doyan ikan asin.

abis itu kaki pada pegel, sampe hotel liat aira masih anteng terus gw ma simas keluar lagi. duduk-duduk di perahu nelayan. hm, enak deh susananya... terus iseng-iseng gw pake hena bak ayat-ayat cinta. dan besoknya pas aira liat langsung bilang "apahhh.. apahh,,," sambil nunjuk tangan gw. hehe, agak nyesel juga sih, soalnya takut dikirain aira tato. takut jadi ngajarin aira kalo tato itu permitted, padahal ini hena.

paginya kan mau ke gua apa itu ya namanya, waktu ke pangandaran yang dulu gw sempet masuk. di dalem gua yang gelap gulita ada landak, stalaktit-stalakmit, dan lokasi syuting sinetron mak lampir jaman dulu. tapi, sekarang bawa krucil-krucil kesana mah malah pada jerit-jerit yang ada. jadi pagi itu agendanya renang lagi! haha... gw nggak, udah males mandi-mandi dsb. tapi papap malah kegirangan surfing-surfingan kayak hafizh.

agak siang kita balik ke Bandung untuk drop papap mamah dulu, sempet nginep di Bandung dulu soalnya kita teparrrr... berangkat dari bandung ke jakarta jam 2 malem  karena kita harus kerja. errrrr, what a lazy monday.

anyho, lumayan juga di pangandaran banyak objek menarik. kalo kantong lagi pas-pasan ga bisa pergi yang jauh-jauh, misal ke Bali dsb, ke pangandaran pun sudah sangat cukup lho. eh, malah sangat menyenangkan!