Pages

Selasa, 03 September 2013

Tegel Cap Kunci

Ini gara-gara baca blognya mbak nita, gw pun jadi jatuh cinta sama tegel klasik khas batik jawa ini! kalo gw kebayangnya pengen rumah dengan dapur/pantry dan ruang makan terpisah dengan ruang lainnya. ga perlu dapur bersih, tapi bisa dibilang area ini yang biasanya berantakan punya atmosfir sendiri. terus, tegelnya pake tegel kunci ini. atau teras belakang yang langsung menghadap taman, dengan kursi-kursi rotan yang adem. hmm...

picture is taken from here
picture is taken from here

seperti niat awal, kita kan pengennya rumahnya ga full minimalis, tapi tropis-klasik (haseeekkk, padahal rumah asal jadi. wkakakaka). eh tapi tetep ada minimalisnya juga sih, soalnya design klasik itu banyak profil yang tentu aja banyak biaya. untuk nambah profil fasad aja kita udah nambah banyak karna profil dan beton-an sekeliling rumah. hikssssss... mustinya udah bisa buat beli tegel serumah-rumah.

pas mudik kemarin main ke Jogja, niatin banget ke pabrik Tegel Tjap Koentji. ini pabrik udah lama ada. ngobrol-ngobrol sama orang disana (ntah siapa, dia yang nemenin kita keliling pabrik), dulu tegel ini berjaya , hampir semua rumah pake tegel yang bahan dasarnya semen ini. terus pas jamannya batu alam dan kemudian keramik berjaya, tegel ini sempet mati suri. paling yang pake cuma rumah etnik, hotel, restoran antik dll. tapi katanya sekarang-sekarang mulai rame lagi. mungkin orang-orang sama pikirannya sama kita, mulai bosen sama yang minimalis.

Pabrik tegel cap kunci ini ada di daerah Pathuk, tepatnya di Jl. KS. Tubun 95, Yogyakarta. patokannya, kalo udah sampe belokan Bakpia Pathuk 25, jalan terus (jangan belok kanan/masuk ke Bakpia 25 ntar yang ada cuma jalan buntu) terus aja ga sampe 50 meter ada di sebelah kiri (atau di sebrangnya Bakpia Pathuk 25). tanya-tanya tukang becak dibilang udah tutup pabriknya, padahal masih buka. cuma katanya mau pindah.

Jadul banget, dari luar kayak bangunan kosong

Sebenernya ada tulisan sedang tidak melayani tamu, karena mau pindah itu, tapi kekeuh masuk tapi dilayani juga kok

Di ruang utama, motifnya bagus-baguussssss

Aira amazed

Si papap pun turut seneng, dia bilang "kagum liatnya"

Aira sibuk jalan-jalan sambil seret payung

Pabriknya

Kalo udah di sablon didiemin dulu di rak-rak ini

Beberapa ada yang ready stok

Ini pasti warisan jaman Belanda. hehe...

Pas disana kita dikasih katalog dan price list tapi ilang. huhuhhu... terus minta e-mail lagi ke mattaindonesia@yahoo.com. balasannya gini :

Selamat Sore Ibu Korry,
 
Salam hangat dari Matta Indonesia Jogjakarta,
 
Berikut kami kirimkan gambar motif, daftar harga, tahapan poles, dan warna yang kami produksi maupun foto-foto tegel, baik dalam bentuk desain maupun tegel yang sudah terpasang.
 
Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan mengenai produk tegel kami, sbb:
1. Proses pembuatan tegel semua manual (Hand Made) satu persatu, sehingga hasil cetakan tidak dapat sama satu dengan yang lainnya seperti buatan mesin.
2. Pilihan motif & komposisi warna ditentukan oleh pemesan dari pilihan motif yang ada dalam produk kami.
3. Harga tegel bervariasi, mulai dari yang standard (STD) hingga warna khusus 3 (KH-3, adalah warna paling tua yang dapat kami hasilkan)
4. Harga ditentukan berdasarkan prosentase pemakaian warna  yang paling banyak.
5. Pewarna bukan pure paint dari pabrik cat, tetapi memakai campuran berbagai bahan, sehingga pada setiap warna ada kemungkinan tidak sama, akan ada sedikit beda warna.
 
Sebagai informasi, karena proses pembuatan tegel semua manual, sehingga waktu untuk produksi akan lebih lama, dan apabila order sedang banyak maka untuk masuk ke tahap proses produksi harus antri karena kapasitas produksi terbatas, sehingga kami sarankan apabila Bapak/ Ibu akan melakukan pemesanan tegel sebaiknya jauh-jauh hari sebelumnya (beberapa bulan sebelumnya)
 
Apabila ada sesuatu yang kurang jelas, silakan menghubungi kami:
 
PT. MATTA INDONESIA
Office :
Jl. Pakuningratan 70 Yogyakarta 55233
Ph. 0274 512707 , 517505
Fax. 0274 517505, 869191
 
Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
 
 
Hormat Kami,
Matta Indonesia

 dan mereka juga kirim contoh-contohnya :

ini price list dan perhitungan biaya kirim-nya :

sebagian besar emang kita harus pesan, tapi pas masuk pabriknya gw tertarik sama tegel ini (yang warna merah) kebetulan ready stok.

 

berhubung dana terbatas, lagian dapur sempit cuma 2 x 2.5m, apalagi buat teras? mau ditaro mane nong? akhirnya berniat buat dinding dapur aja. kalo motif gitu kena 199rb per meter. itungan itu tergantung dari banyaknya dan kepekatan warna. itung-itungannya jadi :

tegel 199.000 x 3 meter = 600.000
ongkir 3 meter x 55 kg x Rp2.000 = 330.000
jadi 990.000 

hm, sebenernya masuk akal yah compare to mozaik yang butuh 36 pcs x 30 ribu (include ongkir) = Rp1.080.000. terus jadi apa nggak beli tegelnya? nggak jadi!!! ini aja pake drama banget. simas ga setuju beli tegelnya sekarang, maunya semua urusan rumah udah kelar dulu, lagian nanti barangnya siapa yang nerima di Depok. biaya tambahan ke Pak Bangun juga lagi dikais dari serpihan-serpihan rezeki. hehehe.. jadi sekarang tembok-nya dipasang keramik biasa bermotif mozaik aja. hiks sedih, tapi harus bersabar... :)

tapi suatu saat nanti, Insya Allah.. semoga bisa punya rumah dengan teras dan dapur kayak gitu. aamiin.....

8 komentar:

  1. Informatif dan inspiratif ... jadi kepingin pasang juga neh :D

    BalasHapus
  2. Makasih banyak mbak Korry, aku udah lama cari informasi terkait tegel kunci selengkap ini :) Jadi mau pergi juga ah kesana.

    BalasHapus
  3. Halo thanks infonya. Jadi 1m2 beratnya 55kg? berat juga yaaa

    BalasHapus
  4. keren tulisannya.. lengkap sangat informatif.. =)

    BalasHapus
  5. Thanks ya untuk infonya... :)

    BalasHapus
  6. makasih mba,,,utk tulisannya pas mau renov tegel lama,,,ketemu deh...hehehehe

    BalasHapus
  7. salam kenal mbak, terima kasih informasinya, lengkap sekali. udah lama banget penasaran sama si tegel kunci

    BalasHapus
  8. Thank u buat infonya lengkap bgt..sayang tu ga jd dibeli..susah mesennya indent berbulan2 ya..

    BalasHapus

 
Images by Freepik