Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Sapih (?)

menyambung cerita rencana sapih aira, eh ndilalah tadi malem pas aira lagi nenen gw iseng bilang "aira.. nenen-nya udah ya? tuh liat jijik tuh.." ga ngerti juga ini boleh apa ngga dengan cara gitu, tapi kok berhasil???!!!! aira stop nenennya. balik badan munggungin sambil nangis (tapi tersedu-sedu), balik ke gw lagi dan gw bilang "tuh kan jijik kan..." trus dia munggungin gw lagi dengan nangis pelan. dia kayak bingung antara mau nenen tapi jijik. 

(anyway, aira tau konsep jijik gini karena gw emang bukan penganut konsep kotor itu baik. jadi dia ga boleh lepas sendal kalo main, main-main tanah/debu atau hal kotor lainnya. dan gw sering bilang.. "itu jijik aira..")

ga lama dia minta digendong keluar kamar dan gulang-guling di sofa, masuk kamar nenek, balik lagi kamar dia, ngusel-ngusel nenen tapi ga minta nenen. i swear, it's broke my heart too, for more.

berakhirlah dia tidur sendiri di sofa jam setengah 12 malam! gw aja udah ketiduran di samping dia dan terkaget-kaget dia udah tidur sendiri. selama tidur seperti biasa minta nenen, gw kasih aja karna ga tega. gw pikir, semoga dia ga sadar, dan lagian baru hari pertama ini. eh pas paginya minta nenen tersedu-sedu. digendong simas, digendong mamah, dibawa ke depan sampe ketiduran lagi. mungkin masih ngantuk karena tidur larut. ngeliat dia tidur, remuk-remuk hati gw. langsung mewek ke simas. kasiaaannn...

oon-nya gw, kenapa iseng banget sik bilang gitu tadi malem? jadi mulai sekarang harus konsisten kan? sementara gw belum siap, dan hari ini simas dinas luar kota, dan ga akan di rumah selama 5 hari ke depan! sementara tadi pagi aja saat aira kecewa dan bingung ga bisa nenen, dia ngadu ke ayah.. sambil nangis bilang "ayah.. endong..." argh!!! gw bodoh bodoh bodoh!!!

ini sih musti nahan mamah jangan ke bandung dulu. ga kuat gw mengadapi ini sendiri. call me lebay, tapi urusan sapih ini bener-bener menguras emosi.

anyway, ini baru sehari. ntah ya besok dan seterusnya. semoga ga terlalu emosional dan berjalan lancar. dan pastinya pola makan aira bisa membaik dan gizi aira terpenuhi. aamiin...

4 komentar:

  1. kenapa disapih mbak? aira dah brp bulan toh sekarang?

    BalasHapus
  2. Aira 21 bulan 22 hari.

    Ini semua karena pola makan aira yang jelek dan BB nya yang saat ini cuma 8,6 kg. sempet 9kg tapi karena sakit, jadi turun.

    dari usia 19 bulan, direview sama dr Tiwi, BB nya jelek. semua itu karena aira ga nafsu makan. udah dicoba segala cara (variasi makanan, suasana gembira saat makan, penafsu makan,alat makanannya sesuai favorit dia, dll) tapi tetep yang dia mau cuma NENEN. dr. Tiwi memperbolehkan untuk sapih dini. tapi akunya blm rela karena kasian. paling parah kalo weekend 2 hari ga mau makan apa2, cuma nenen. tapi kan ASIku terbatas kalo untuk seharian gitu.

    puncaknya 2 minggu ini, saat cemilan (roti, biskuit, kentang goreng yang biasa dia mau), susu formula paling banyak 200ml selama aku tinggal kerja, buah, bahkan minum air putih ga mau. ini udah parah. tapi kalo dikasih nenen langsung semangat.

    aira kemarin sempat diare, ke dr. Rouli RS Omni. anjuran tegasnya adalah sapih. karena BBnya ini udah jelek banget. harusnya umur segini 11.8kg. jadi dengan terpaksa aira disapih. padahal masih ada haknya 2 bulan lagi ya. tapi demi kesehatan, iklas2in deh :'(

    BalasHapus
  3. Huwaa..sedih bgt mba bacanya, kasian aira yg harus nahan diri utk nenen
    Pasti saat aira munggungin dan nangis sesenggukan rasanya nyess bgt ya mba..
    Aku skr pny baby cewe 9 bln krg, hrs siap2 mental jg nih nanti utk sapihnya :(

    Sabar aira cantik dan semangat bt bundanya, smg aira nafsu makannya baik stlh sapih.

    BalasHapus
  4. betul! nyes banget. ga tega :'(
    emang yang terpenting mental ibunya, kalo ibunya kuat mungkin semuanya akan berjalan lancar.
    makasi ya doanya :)

    BalasHapus

 
Images by Freepik