Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Kecurigaan ISK

ini mau borongan ngomongin masalah kesehatan aira. karena kesehatan adalah topik yang paling susah, tapi penting untuk ditulis sebagai pengingat gw, yang mana nulisnya gw pun mengingat keras apa yang dibilang dokter, dan seringnya gw mencari lagi sumber terpercaya, jadi mari kita buat post terpisah.

pertama tentang kecurigaan aira kena ISK (Infeksi Saluran Kemih) sama dokter tiwi. eh ini pas ketemu dokter tiwi pas mau kasih vaksin aira loh ya. lagi nggak sakit, sehat wal afiat *kesannya aira sakit mulu kalo ke dokter* hehehe...

jadi aira baru dapet vaksin varisela pas usia 20 bulan. seharusnya jadwalnya 14 bulan, tapi baik di budi kemuliaan maupun rs tambak, vaksin varisela habis terus. dan salah gw yang ga pro-aktif sih. sampe akhirnya gw nyadar, lha.. bulan 18 gw mesti DPat, Hib, Polio kan... jadi baru dikasih varisela usia 20 bulan ke dr. Tiwi.

trus lanjutlah kita bincang ini-itu, trus ngeliat BB aira kurang, dr. Tiwi rekomendasiin buat tes urin, kultur urin, dan tes darah. khawatirnya, aira kena ISK. wuih.. perjalanan panjang itu ngumpulin urin. di hari pertama di prodia, aira 5 jam ga pipis dong!! biasanya kan beser ya. kayaknya dia stress dipakein urine collector. sekalinya pipis urine collectornya bocor karena aira udah terlalu banyak gerak selama 5 jam itu. besoknya, diulangi lagi, cuma nunggu 1 jam aira udah pipis. tapi lagi-lagi bocor! akkkk... abis gimana dong? di prodia anak ada perosotan sih, ada boneka besar, puzzle, ya gimana mo diem. terus dipasang lagi collectornya, dan aira gw jaga biar ga terlalu banyak gerak. alhamdulillah dapet!

ternyata belum selesai saudara perjuangan kita! begitu sampe di rumah, ditelepon suruh balik karena urin aira yang tadi diambil terkontaminasi. kontaminan nya berupa kertas kecil. ARGH! terbete-bete gw dateng lagi dan mau marah. ah tapi ga ada gunanya juga gw marah. tapi kesel karena ceroboh banget petugasnya! alhamdulillah ga lama aira pipis. emang hari itu aira gw banyakin minum susu, air putih, dll. meskipun ga mau makan, gw kasih susu terus.

hasil pemeriksaannya, alhamdulillah aira baik-baik aja. ga ada infeksi bakteri. hamdallah.. leganya...

mengenai ISK ini, memang patut dicurigai kalo anaknya BBnya ga naik-naik, suka demam ga jelas, pipis jarang, dipakein diapers, atau kalo pipis sedikit-sedikit (kalo kita nyebutnya anyang-anyangan), atau malah sakit kalo pipis. kalo di aira, masalahnya emang cuma di BB, dan aira emang dipakein diapers kalo malem, kalo siang training pants. gejala lainnya alhamdulillah ga ada. dan alhamdulillah emang negatif. gw rasa sih aira kurus itu karena aira makannya sedikit banget. bener-bener ini aira perlu diperbaiki pola makannya. soalnya kalo makannya lagi banyak (misal setelah sakit biasanya suka kayak orang kelaperan) seminggu itu bisa naik 300-400 gram.

tapi ada juga loh anaknya temen gw, sehari-hari dia ga pernah dipakein diapers (cuma kalo pergi), ga suka demam ga jelas, pipisnya banyak, dan ga ada tanda-tanda mencurigakan lainnya. tapi ya itu BBnya kurang/ga naik-naik. sama lah kayak aira. bedanya dia makannya banyak. gw sampe iri liat foto porsi makannya di mangkok dan dia bisa hampir habis makan semangkok itu. disuruh kultur urin juga kan sama dr. Tiwi. dan hasilnya positif terinfeksi bakteri. kalo anak temen gw sampe diuji matoux segala karena dari hasil darahnya ada gejala terinfeksi bakteri. tapi kan bakteri bisa apa aja. tapi alhamdulillah anaknya gak flek/TB.

bingung kan ya? 

oia, kalo gw belum nih uji flek itu. tapi menurut sumber ini dan beberapa lain yang gw baca, kalo anak kita flek, gejalanya suka demam sumeng selama 3 bulan berturut-turut dan ga turun meskipun dikasih obat penurun panas, BBnya ga naik-naik, dan suka batuk lama. alhamdulillah aira nggak sih, lagi-lagi cuma masalahnya di BB. tapi someday, pengen sih ngebahas lebih detail sama dokter tentang kemungkinan ini.

jadi kalau ada yang bernasib sama, yaitu anaknya kurus padahal makannya banyak dan bergizi, boleh juga dicoba dites kemungkinan-kemungkinan itu. kadang orang lain suka menenangkan dengan bilang "gimana perawakan emak-bapaknya lah" eh tapi biasanya perawakan itu kalo udah anak-anak dan dewasa nggak sih? kalo bayi sekurus-kurusnya tetap ginuk-ginuk kan ya harusnya.

dan, semoga.... aira kurus itu emang karena pola makan aja, dan membaik setelah disapih nanti. aamiin...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik