Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Radang Tenggorokan

Rumah kakak yang di bekasi kebanjiran, kemarin itu sekitar 3 minggu nginep di cempaka putih sekeluarga. Cuaca lagi ga enak banget! ga lama kakak fadhil sakit, badannya panas, ga mau makan, sakit kepala. terus diperiksain ke dr. uli. Dokter uli tuh sampe hafal deh kayaknya ke mamah. Cucunya sakit semuah! Haha… awalnya aira mecri-mencri, terus naura (anak kakak gw yang dibandung batuk pilek pas main ke jakarta), terus sekarang kakak fadhil. Ternyata fadhil radang tenggorokan. selanjutnya, fathir (adiknya) juga kena. ya namapun anak kecil serumah, main bareng-bareng, udah was-was aira ketularan. ga lama dari fathir demam, aira juga ikutan demam. hadeuuuu! baru seminggu sembuh padahal :(

aira demamnya sampai 40 dc, tanpa batuk pilek, ga mau makan, lemas. tapi alhamdulillah aira ga rewel (terhitung ga rewel lah, soalnya sakit sampai begitu. paling meringis aja. bikin tambah ga tegaaa). gw tunggu sampai hari ke 2 masih demam, gw masih home treatment aja. kompres air hangat, balur bawang merah, ASI yang banyak, terus disuruh minum meskipun cuma icip-icip. hari ke 3 sore, alhamdulillah membaik. nah ni anak kalo udah baikan dikit aja langsung super lincah, disuruh tidur ga mau. hari ke 4 malam, anaknya demam lagi. besoknya di hari ke 5 mau dibawa ke dokter, tapi anaknya udah segar, panasnya turun, banyak keringatnya, dan tiduuuurrr seharian.. nah biasanya kalo udah gini lagi recovery. udah ga demam-demam lagi, tapi anaknya kayak ceplak-ceplak mulut terus, kayak kehausan, atau sakit mulutnya. puncaknya muntah 3x. aaakkkk! dia belum recovery yah? apa jangan-jangan dia tidur terus karena semakin parah? jangan-jangan DB? rasanya kalo ga waras pengen banget bawa ke RS saat itu juga. tapi karena gw pikir dia masih baik-baik aja, gw tahan untuk ke RS besok pagi aja, ke dr. uli. Insya Allah ga apa-apa, gw meyakinkan diri.

jadi baru di hari ke 6 kita ke dokter. kata dokter uli, aira juga radang tenggorokan. ampun-ampunan bocah serumah radang tenggorakan semua. terus mesem-mesem gw bilang "belum disapih dok!" gw alesan soalnya kemarin makannya lagi enak, terus keburu sakit lagi. terus dr. uli bilang kalo lagi sakit tunda dulu sapihnya, setelah sembuh segera sapih. hehe... dan... antibiotik meneh. bakteri ra uwis uwis. ternyata, radang tenggorokan bukan penyakin segampil itu ya kalo di bayi? kasian... kalo dulu gw sih tinggal ngemut FG troches tanpa resep! hahaha... jauh dari RUM. enak sih. langsung sembuh juga. 

radang tenggorokan juga ternyata macem-macem ya. ada karena alergi, ada karena pemicu/benda asing (gesekan tulang, benda tajam, asap rokok, dll), ada karena virus, dan karena bakteri.

mari kita cek apakah aira kena virus atau bukan. cara paling mudah saat anak demam itu kena virus adalah adanya lendir atau pilek. makanya kalo aira demam trus meler-meler, gw langsung tenang. minimal virus, biasanya influenza. meskipun harus diperhatikan indikasi lainnya ya, klo gw misal panasnya berapa, muntah-muntahnya, ada diare atau nggak, anaknya masih bisa respon apa nggak, dll.

kalo waktu itu aira gejalanya begini :
  • ga mau makan, ga mau minum, terlihat sakit saat menelan ludan (mulutnya ceplak-ceplak kayak kehausan)
  • demam 3 hari, hari 4 pagi turun malanya demam lagi
  • hari ke 5 lemas (mungkin karena kurang asupan, Cuma mau nenen aja soalnya)
  • demam rata-rata di atas 39 dc. pernah sampai 40 dc
  • nggak ada batuk pilek
  • tenggorokannya merah
  • ruam di punggung (merah dan rata/tidak kasar)
  • muntah 3 kali setiap setelah diberi makan
  • bilang "akit eluuutt" (arti : sakit perut)
membaca tulisannya dr. wati sang dokter RUM tersuper, gejala aira masuk banget kena infeksi bakteri. makanya gw manut aja lah waktu dr. uli kasih antibiotik. kata dr. Wati sih untuk diagnosisnya perlu usap kultur tenggorokan. tapi hasilnya pun 2 hari ya bu.. kasian bocah ini.. gw percaya aja sama dr. Uli bahwa dia tau kalo ini penanganan yang tepat. dan bener deh 2 hari antibiotik pun anaknya ceria. tapi tentu diminum sampai habis selama 5 hari. jadi dalam kurun waktu hampir 2 bulan, aira makan antibiotik 2 kali masing-masing 5 hari. akkkkkkk!! semoga ga berpengaruh buruk. nah gimana ceritanya gw dulu ya, pilek antiobiotik, FG troches udah kayak permen, amoxilin bak minum neozep (1-2 kali trus berenti). hahaha...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik