Pages

Jumat, 15 Agustus 2014

Pregnancy Baby#2 (14w5d)

Alhamdulillah ga kerasa udah mau 4 bulan aja. hehe belum cerita dari awal, jadi kehamilan kedua ini mari kita rekap di sini.

yang sekarang terasa lebih santai, senang tapi ga terlalu menggebu-gebu. kemarin baru testpack pas telat 8 hari dan setelah diperiksa dokter tau-tau udah 8 weeks. kontrol kedua juga mustinya tanggal 28 juli, tapi karena mudik lebaran, jadinya jadwal mundur 2 minggu. padahal pas hamil aira, kalo hari H ga sempet, rela-relain 3 minggu udah balik lagi ke dokter. hehehe..

kontrol pertama kali sama dr. Dyah di YPK Menteng. orangnya ramah, tapi nguaretttt! dapet antrian pertama dan udah dateng dari jam 08.30 (jadwalnya jam 09.00) tapi dokternya baru dateng jam 11 aja dong dong. itu setara antrian 10 orang kali ya. ntah ada emergency, nunggu kuota, atau apa, tapi 2 kali nanya suster jawabannya cuma masih di jalan, dan di screen hari itu antriannya cuma 5 orang aja.

waktu itu di USG langsung keliatan dedek udah ada denyut jantungnya. alhamdulillah... dulu waktu aira 8 minggu itu masih berkutat dengan flek-flekan, janin juga divonis belum jelas (baru keliatan kantungnya aja), dan kontrol setiap 2 minggu untuk liat perkembangan karena kalo ternyata blighted ovum disaranin untuk kuret. sedih.... dan saat itu cuma bisa minimalisir aktifitas yang capek-capek, minum penguat kehamilan dan vitamin, makan yang banyak, dan nyemil kurma nabi. cek selanjutnya pas 11 minggu malah aira udah ginuk-ginuk. beda banget sama hasil 3 minggu sebelumnya. emang udah rezeki Allah..  alhamdulillah setelah itu kehamilan berjalan lancar..

makanya yang kali ini lega banget usia 8 minggu udah dag-dig-dug jantungnya. padahal 1 minggu sebelum kontrol pertama sempet flek, tapi tipiiiiisss banget dengan coklat muda aja. mungkin kecapean karena jalan dari kwitang sampe atrium. padahal itu dalam rangka beli kurma nabi di Ahlussunnah yang mana untuk memperkuat dan nutrisi kehamilan. eh kalo hasilnya jadi flek gini kan jadi nyesel udah jalan kaki dan jadi ciut lagi takut flek-flekan kayak dulu. alhamdulillah cuma sehari aja, ga lanjut fleknya.

nah, kontrol kedua dijadwalin dr. Dyah kontrol 28 Juli, tapi kayaknya dokternya lupa deh, hari itu kan lebaran dan ga ada yang ngeh pun. selanjutnya juga ga inisiatif untuk kontrol sebelum mudik lebaran soalnya sekalian nanti aja mau coba RS Tambak yang kayaknya lokasinya lebih praktis dari Cempaka Putih.

jadilah baru kontrol kedua tanggal 11 Agustus kemarin, usianya udah 14w5d (saat nulis ini udah 15w2d berarti ya). pas nimbang di suster udah skeri aja soalnya berat badan ga nambah dong. sebelum hamil 49 kg, mual-muil jadi 48kg, dan sebulan lebih berlalu eyke tetep di angka 48kg. orang-orang juga bilang perutnya belum keliatan besar. ntah deh ini, pas aira juga gitu, ga besar-besar amat.

eia, ini pertama kalinya kontrol sendirian soalnya simas dinas 2 minggu ke Bandung. weekend tetep pulang sih, tapi sabtu ada rencana ke Ancol yang mana mendingan waktunya dipake buat kangen-kangenan dan bertamasya dong ya daripada buat antri dokter. mengingat udah telat juga jadwal kontrolnya, akhirnya bertekad kontrol sendirian. jadi kemarin itu sambil antri ngeri-ngeri gimanaa gitu, ga ada temen curhat juga, jadi ga sabar pengen cepet USG liat dedek.

btw, ini udah kedua kalinya mau ke dr. Botefilia tapi selalu ga jadi karena ga dapet kuota. kalau hari sabtu,. daftar itu musti H+14 atau lebih deh kayaknya. sementara daftar dokter Ony apalagi dong ya, bak cendol aja pasiennya. jadi kemarin pilih yang masih available aja di hari itu yaitu dr. Ika dan dapet antrian 10. praktek dari jam 18-20 WIB dan dateng 19.30 pun ternyata masih antri sampe 20.30. pas masuk ternyata dr. Ika orangnya ramah dan langsung nyuruh ke kasur USG. enak ya jeng USG di Tambak, lebih jelas daripada RS yang pernah didatengin (Budi Kemuliaan, RS Islam, dan YPK Menteng). soalnya screen USG ada di depan kita dan ukurannya besar. jadi ga perlu curi lirik ke sreen yang sama dengan dokter, atau screen yang agak menyamping dari tempat tidur. tapi sayangnya hasil print-an ga terlalu jelas, ntah karena posisi dedek atau kualitas printer.

infomasi paling penting adalah semuanya normal. terus dr. Ika jelasin secara detail tentang ukuran kepala yang katanya setara 15w4d tapi masih normal, tulang belakang lurus, tungkai kaki normal, tangan normal, ukuran perut normal, jumlah air ketuban normal, jenis kelamin belum keliatan, dan dedek udah gerak-gerak gitu. lucuuuuuu. bayi-nya bagus katanya. alhamdulillah..........

katanya "ibunya aja sekarang yang banyak makan, kan udah ga mual-mual lagi"
trus cerita deh kalo sebelumnya diresepin Utrogestan 100mg sama Folamil Genio 30pcs, tapi baru diminum sekitar 4pcs soalnya rasanya jadi mual banget kalo abis minum itu. trus katanya, mungkin folamilnya yang bikin mual karena mengandung zat besi. akhirnya minta diresepin prenatin df aja, tapi katanya sebenernya folamil sama prenatin df isinya sama dan sekarang disaranin  abisin folamilnya sama ditambahin resep kalsium, dan kalo udah abis folamilnya beli prenatin df juga boleh karena bisa dijual bebas.

okesip, mulai sekarang lebih disiplin deh.

semoga kehamilan dan persalinan dimudahkan ya Allah.... aamiin...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Images by Freepik