Pages

Selasa, 30 Juni 2015

Melahirkan yang penuh kejutan

Baru cuti seminggu, udah ada tanda-tanda. tapi sumeng-sumeng cuma berlangsung 1-2 hari aja, abis itu biasa lagi. gak ada tanda-tanda, gak ada gejala.

Pagi itu, emang jadwalnya kontrol kehamilan yang udah 38 minggu 4 hari. kontrol kali ini mesti pagi-pagi karena mau ke bidan aja (terkait bpjs, jadi harus berjenjang). saya dan simaspun izin dari kantor menuju RS Budi Kemuliaan.

09.00-10.00
sampe RS antriiiii banget (ga bpjs aja antri, apalagi pake bpjs). sebelum antri bidan, kita antri administrasi bpjs dulu. eh, ada mbak-mbak mau tukeran nomor antrian karna masih nunggu suaminya fotokopi, alhamdulillah.. dari no 13 jadi no 10. tapi sampe suaminya selesai fotokopi, no 10 belum juga dipanggil. etika dong ya, mau dibalikin lagi itu antrian, tapi dia bilang ga usah. ihhh, baik banget kamu mbak :)

10.00-10.30
abis antri administasi bpjs, kita antri di bidan. udah banyaaaak banget yang antri. terus kerasa perut melilit (emang dari di mobil tadi udah kerasa melilit, tapi bingung antara pupi atau kontraksi). ah masa sih kontraksi?

lama-lama perut makin melilit teratur. lapor simas dong ya, trus simas nanya apa mau langsung ke UGD aja. nah, karna sini takut disangkain mengada-ngada *karna belum yakin juga sih* jadinya memutuskan wait n see aja

ah bener nih kontraksi! ini bukan mau puuuppp. diitungin ternyata udah 3-5 menit sekali. kita pun lantas iseng-iseng minta tolong suster di bagian administasi (yang nimbang berat badan) buat periksain. "bu, saya kok ngerasa melilit ya, bisa tolong periksain ga, tapi saya ga yakin sih, tapi tolong cek aja". tadinya harapan cuma sebatas dia meriksain perut di bangku administrasi itu, tapi gak nyangka dia langsung sigap bilang "langsung periksa sama bidan aja ya di dalem, ibu tunggu di sini saya masuk dulu". gak lama, susternya manggil suruh masuk. aha! serieus?? jadi akika ga perlu nunggu antrian segambreng itu?! alhamdulillaaaahhh...

begitu masuk, langsung periksa dalem dan ternyata udah pembukaan dua ibu-ibu!!

terus disuruh cek lab dan rekam jantung. untuk cek lab, saya jalan sendiri ke laboratorium dan ke toilet untuk ambil urin.

11.00-12.30
abis tes lab ketemu lagi sama mbak-mbak baik, yang ternyata no 13 administrasi bpjs pun belum dipanggil. ya Allah, give her blessess. saya pun minta maaf karna tukeran nomor dia jadi lama, dan cerita kalo udah pembukaan 2. diapun kaget dan (mungkin) ngerasa keputusannya tukeran nomor tepat.

abis tes lab, langsung rekam jantung selama 30 menit. habis itu masih nungguuuuu lama. untuk apa? ya untuk dapet keputusan dokter perlu melahirkan di RS ato puskesmas. ya maksudnya kalo maksain banget mau ditanggung bpjs, prosedurnya harus ditangani dari puskesmas dulu (kalo ga ada penyulit apa-apa). simas langsung berfatwa, eh ya gak gitu juga kali. kalo ga ditanggung yaudah....

*btw, sini tadinya dapet rujukan kontrol yang ditanggung oleh bpjs karena anemia, bukan rujukan untuk melahirkannya, jadi prosedurnya emang gitu. kejam sih emang, tapi yamogimanalage. kalo ribuan orang mau perlakuan yang sama, mau melahirkan di RS, bangkrut lah ya bpjs dengan premi 30-50ribuan per bulan itu.

ngerti-ngerti.. ngerti sama prosedur bpjsnya. yang gak ngerti, kenapa sih PNS disamakan prosedur asuransinya seperti itu. mestinya prosedur bpjs yang seperti itu ya untuk masyarakat umum yang menginginkan asuransi murah aja. setuju banget dengan adanya bpjs, masyarakat merasa aman karena biaya kesehatannya diasuransikan dengan premi merakyat.

tapi kan saya ini pegawai, yang selain sama-sama bayar premi (seperti masyarakat lainnya) tetapi juga bekerja. iya bekerja di pemerintahan. kayaknya layak deh untuk dibedakan perlakuannya. minimal, melahirkan gak harus di puskesmas, kalo mau melahirkan RS gak harus ada indikasi tertentu sehingga dapet rujukan ke RS.

*lah ini malah curcol*

btw kemarin itu sini tegar amat, dulu hamil pertama pembukaan dua udah nyampe UGD dan ditindaklanjuti, pilih kelas utama bak horang kaya. nah kemarin itu mau tes lab harusnya udah lagi leyeh-leyeh gitu ya di kamar tinggal diambil darah n urin aja, tapi ini masih wara-wiri urusin ini-itu. btw sini kalo lahiran ga manja loh, manjanya udah sehari-hari (HAHA).

back to the story, kan lamaaaa banget ya nungguin keputusan dokter. lama-lama udah kerasa banget kontraksinya. alhamdulillah masih bisa  jalan-jalan, masih makan arem-arem, dan gak sesakit pembukaan dua hamil pertama. tapi tetep aja buuuu, saya merintih rintih di bangku tunggu.

jam 12.00-13.00
akhirnya ada juga keputusan dokter kalo saya harus ditangani langsung, maksudnya harus langsung masuk ruang rawat karena selain ada anemia, kotraksinya juga udah rapat. (ada penyulit, artinya ditangani di RS, bukan faskes tk 1).

dan masiiiiiihhhh harus antri antri bpjs untuk admistrasi kamar (kalo tadi kan administrasi kontrol). tau kalo mau lahiran mah yang kontrol tadi ga usah pake bpjs... langsung ke dr. kurniati ajaaahhh... jadi ga antri administrasi 2 kali.

trus telpon mamah di rumah, dan mamahpun nanya kenapa kontrolnya lama banget. langsung dijawab "ini udah mau lahiran mah". haaaa??? yang dirumah pun terkaget-kaget. alhamdulillah dah nyiapin tas-tas persiapan di RS. jadi tinggal minta tolong anterin mang ujang aja.

trus mamah nanya mau ditemenin gak (lahiran aira saya ditemenin simas dan mamah), trus kita bilang nggak, mamah biar temenin aira aja di rumah. datengnya nanti aja kalo dedek udah lahir (soalnya paaaass banget bibi pulkam sementara hari itu karena sodaranya ada sakit keras, jadi gak ada pembantu)

13.15-14.45
akhirnya baru bisa masuk kamaaaaarrrrrr... hah... bak abis travelling seharian, trus liat kamar langsung pengen guling-guling. tapi sini masih cool aja. ke kamar pun ga mau didorong. jalan ajalah sekalian biar cepet lahirannya.

btw begitu dateng kamar langsung disuruh ganti baju sama suster "bu, pakai baju yang nyaman ya..." (sini masih pake jeans -.-") yah... belum bawa buuu, orang tadinya mau kontrol aja..hehehe...

gak lama periksa dalem dan udah pembukaan 4! hmmmm...

mang ujang dateng dan ganti-ganti baju. masih sempet solat zuhur dan makan siang.. cuci tangan dan baru aja nyeruput minum langsung ngerasa mual dan spontar aja berdiri dan TUPP BLASHHHHH! ketuban pecah! panggil suster dan diperiksa dalem ternyata udah pembukaan 6.

14.45
suster langsung instruksi siap-siap ke ruang tindakan. rasanya sakiiiitttt banget kali ini. pori-pori  merinding karna rasa sakit yang amat sangat. ngeyakinin diri kalo ini akan segera berakhir.. sebentar lagi ketemu dedek..

15.00 sampe ruang tindakan, suster siap-siap, dan bilang... "masih pembukaan 6 bu, ditinggal dulu ya, nanti kalo ada rasa mau pup panggil ya.."

dan tinggal lah saya dan simas di ruang tindakan.

rasanya sakiiiittt banget, kayaknya lebih sakit sih yang kedua ini. sampe saatnya datang rasa mau pup dan si dedek ngedorong kuaaattt banget. spontan kepikiran si dedek kayak mau loncat dan posisi kaki berubah jadi ngempittt.. beneran, ini dedek kayak mau loncat!!

langsung panggil suster, dan dicek dalem "loh, udah pembukaan lengkap ini!!"

langsung diintruksi posisi melahirkan, ngeden ngeden sebentar dan angettttt....

alhamdulillah, jam 15.15, dedek keluar....

Subhanallah, Allahuakbar, Alhamdulillah.. meskipun rasanya lebih sakit kontraksi setelah pecah ketubannya, tapi prosesnya cepet banget.. sampe kayak mimpi kalo semuanya udah selesai.

habis itu IMD, dan clop! berhasil! setelah sekitar 30 menit dedek di perut akhirnya dia nenen! IMDnya lamaaa banget ada kali 2 jam ya. ini karna saya yang harus diobservasi lama pasca melahirkan karna ada anemia itu. selain itu, pas dicek suster kok perut ga kontraksi-kontraksi pasca melahirkan, jadi takut ada pendarahan.

21.00
setelah 2 jam IMD, dedek masuk inkubator. saya lanjut istirahat (masih di ruang tindakan). jam 9 malem aja dong baru ke ruang rawat.

begitu masuk ruang rawat, rasanya kangeeeeeennnnnnn banget sama aira, lah ini anak kok tiba-tiba gede? lah ini kok bukan bayi lagi? hehe..

aira udah ngantuk nungguin dedek, tapi dedeknya masuk ruang bayi dulu, mau dibersihin, dan biar saya istirahat dulu. besok pagi aira dateng lagi katanya...

***

Melahirkan kali ini penuh kejutan! kenapa?
- kok ya saya kena anemia
- kok ya tiba-tiba dapet rujukan dari puskesmas
- kok ya kontraksi waktu mau kontrol kehamilan
- kok ya tapi ini masih 38 minggu 4 hari
- kok ya pembukaan maju cepet banget
- kok ya baru masuk ruang tindakan, 15 menit kemudian udah lahir

banyak banget kejutannya sampe semua rasanya kayak mimpi. mimpi yang indah. gak henti-henti bilang, alhamdulillah.. alhamdulillah....

***

yup, begitulah pengalaman melahirkan anak kedua saya. dan setelah pencarian nama yang amat panjang... dan perdebatan yang cukup seru antara saya dan simas, nama anak kedua kami adalah :

LITUHAYU AHNA MUKHBITA

artinya,
Lituhayu : rupawan
Ahna : lemah lembut
Mukhbita : berakhlak mulia

doanya, semoga anak kami menjadi anak cantik yang lemah lembut dan berakhlak mulia. aamiin....

itu nama simas yang cari loh, akika bagian lituhayu aja karena teteup pengen nama anak ada unsur jawa-nya.

banyak yang komen namanya susah amat.. hahahaha.. wes, rapopo.. panggilannya cukup "bita" aja... :)

alhamdulillah ya Allah atas segala anugerah-Mu :)


1 komentar:

  1. Wow.... melahirkan anak kedua aja banyak kejutannya, apalagi anak pertama. #banyakbelajar :) thank you

    BalasHapus

 
Images by Freepik